Pengembangan Permainan Engklek Kucing (ENGCI) untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun
Abstrak
Perkembangan fisik motorik merupakan salah satu faktor penting dalam perkembangan individu secara keseluruhan. Tujuan pada penelitian ini untuk mengembangkan permainan engklek kucing dengan menggunakan model ADDIE dengan subjek penelitian 30 anak kelompok B di TK Mathlaul Ulum. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan produk berupa permainan engklek kucing yang layak dan efektif diterapkan untuk menstimulasi perkembangan motorik kasar dengan nilai presentase validasi materi sebesar 86,36%, validasi media sebesar 88,63% yang tergolong kategori sangat baik. Hasil penerapan permainan engklek kucing diperoleh hasil data kemampuan motorik kasar yang meliputi data pretest sebesar 5.97 dan posttest sebesar 7.90. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan motorik kasar yang terlihat dari data rata-rata pretest dan posttest yang berbeda. Analisis data menggunakan uji paired sampel t-test dengan perolehan nilai sig. 0.000 bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan motorik kasar antara data pretest dan posttest. Penerapan permainan engklek kucing bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan motorik kasar anak.
Referensi
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Busthomi, & Yazid, M. (2012). Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi Kecerdasan Anak Usia Dini. Citra Publishing.
Chasanah, H., & Komalasari, D. (2015). Peningkatan kemampuan motorik kasar melalui bermain lompat tali karet pada anak kelompok A. PAUD Teratai, 1–5.
Daroyah, M., Jaya, M. T. B. ., & Surahman, M. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain Senam Fantasi. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2).
Hasanah, U. (2016). PENGEMBANGAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).
Hayati, F., Fatimah, D., Bina, S., Getsempena, B., Tk, ), & Tijue, R. I. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BAKIAK DI KELOMPOK B TK RAUDHATUL ILMI TIJUE KECAMATAN PIDIE KABUPATEN PIDIE. In Jurnal Buah Hati (Vol. 6, Issue 1).
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Indriyani, D., Yusuf Muslihin, H., & Mulyadi, S. (2021). Manfaat Permainan Tradisional Engklek dalam Aspek Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 349–354. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/index
Itim Hotimah, Indrawati Noor Kamila, U. E. (n.d.). PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK.
Kadek Aris Rahmadani, N., Latiana, L., & Agustinus AEN, R. (2018). The Influence of Traditional Games on The Development of Children’s Basic Motor Skills.
Margono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Muslimah, I. (2018). PERMAINAN ENGKLEK DALAM MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL HIKMAH KECAMATAN MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2017/2018. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDA.
Nasrum, A. (2018). Uji Normalitas Data untuk Penelitian. Jayapangus Press.
Permendikbud No. 137 Tahun 2014. (2014). Standart Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Pramitasari, D. A., & Ningrum, M. A. (2018). Pengembangan Permainan Engklek Dalam Memberikan Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. PAUD Teratai.
Rahayu, D. I., Nurhasanah, & Aulia, B. N. R. (2019). MENGEMBANGKAN ALAT PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD MUTIARA HATI TAHUN AJARAN 2017/2018. Seminar Nasional PGPAUD 2019.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Saroinsong, W. P., Kurnianingtyas, I., Dorlina, N., & Maulidiyah, E. C. (2022). Enhancing Preschooler’s Gross Motorik Using Pocket Book-Flipbook Maker Based. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2825–2833. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1556
Soetjiningsih, Hari, & Christina. (2012). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kana_Kanak Akhir. Prenada.
Sugiyono. (2015a). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2015b). Statistik Non Parametrik Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. PT. Indeks.
Sukmadinata, N. S. (n.d.). Metode penelitian pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Suyanto, S. (2003). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. UNY Press.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Violita, T. (2020). PENGEMBANGAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD/MI. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG