Pengaruh Proyek Gunung Meletus terhadap Kemampuan Sains pada Anak Kelompok B di TK Telkom Padang

  • Ramelia Putri Universitas Negeri Padang
  • Zulminiati Zulminiati Universitas Negeri Padang
Kata kunci: Metode Proyek, Kemampuan Sains, Anak Taman Kanak-kanak

Abstrak

Penelitian pada anak kelompok B di TK Telkom Padang ini di latar belakangi oleh hasil pengamatanya peneliti terhadap kemampuan sains khususnya keterampilan proses sains pada anak kelompok B yang masih tergolong rendah disebabkan aktivitas di kelas yang memakai metode pembelajaran konvensional yang hanya memakai gambar dan video ketika menjelaskan pembelajaran sehingga terdapat banyak anak yang masih belum paham dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Maka sebab itu, pada studi ini memakai metode proyek. Tujuan pada studi ini yakni untuk mencari adakah pengaruh pemakaian metode proyek pada kemampuan sains pada anak usia 5-6 tahun. Studi ini memakai desain Quasi Eksperimental dengan jenis non equivalent control group design. Pada penelitian Quasi Eksperimental ini ada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang di pilih memakai cluster sampling berjumlah 18 anak tiap tiap kelas. Teknik pengumpulan data memakai teknik Tes, observasi, dokumentasi. Analisis data memakai uji statistik parametric memakai uji t. Hasil dari penghitungan uji t yang tergambar jika nilai sig (2-tailed) yakni sejumlah 0,001<0,05. Kesimpulannya bahwa proyek gunung meletus berpengaruh terhadap kemampuan sains pada anak kelompok B di TK Telkom Padang.

Referensi

Aghniarrahmah, Rukiyah And Hasmalena (2017) ‘Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sains Anak Tk B Di PAUD Terpadu Happy Kids ( The Effect On The Ability Of Science Project Methods Kindergartner B Integrated Early Childhood Happy Kids )’, Edukasi, VI, Pp. 34–37.
Diana, Salsabilla Putri. Zulminiati. 2022. Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Dalam Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Telkom Schools Padang. Volume 3, No 1.
Helm, J.H. & Katz, L.G. (2001). Young Investigators The Project Approach In The Early Years. New York: Teachers College Press.
Mujahidin, Endin. Lailatul Mufarohah, Akhmad Alim. 2019. Penggunaan Metode Proyek Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Pada Anak Usia Dini , Volum 8, No.1
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nurhafizah. 2017. Strategi Pengembangan Kemampuan Sains Anak Taman Kanak-Kanak Di Koto Tangah Padang. Volume 3 Nomor 3b.
Sujiono, Nurani Yuliani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yaswinda. Yulsyofriend & Farida Mayar. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Vol 2 No 2
Diterbitkan
2022-11-02
Bentuk Sitasi
Putri, R., & Zulminiati, Z. (2022, November 2). Pengaruh Proyek Gunung Meletus terhadap Kemampuan Sains pada Anak Kelompok B di TK Telkom Padang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 1-8. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i1.1391