Efek Pembelajaran Online terhadap Kesehatan Mental Anak Usia 6 Tahun di TK Jakarta Timur
Abstrak
Pandemi COVID-19 menimbulkan berbagai dampak pada kehidupan manusia termasuk aspek kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengekslorasi efek pembelajaran online terhadap kesehatan mental anak usia 6 tahun di Taman Kanak-Kanak Jakarta timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jumlah responden 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara online dan diisi oleh orang tua responden. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis tematik. Pada penelitian ini terdapat tiga kriteria yang ditanyakan untuk mengukur kesehatan mental anak antara lain kesejahteraan sosial, kesejahteraan emosional, kesejateraan psikologi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat efek pembelajaran online terhadap kesehatan mental. Hal ini ditunjukkan dengan terdapatnya permasalahan anak sulit berinteraksi dengan orang lain. Ini termasuk kedalam permasalahan pada aspek kesejahteraan sosial pada Kesehatan mental anak. Sedangkan aspek kesejahteraan emosional berdasarkan hasil kuesioner seluruh anak sudah memenuhinya. Hal ini diperlihatkan melalui anak memahami tahu bahwa orang tuanya mencintai mereka. Untuk kriteria kesejahteraan psikologis seluruh responden sudah menunjukkan hasil yang baik. Dari hasil riset ini diharapkan orang tua dan guru agar dapat lebih memperhatikan kesejahteraan psikologis anak agar kesehatan mental mereka secara keseluruhan terjaga.
Referensi
Bhat, M., Qadri, M., Beg, N. ul A., Kundroo, M., Ahanger, N., & Agarwal, B. (2020). Sentiment analysis of social media response on the Covid19 outbreak. Brain, Behavior, and Immunity, 87(May), 136–137. https://doi.org/10.1016/j.bbi.2020.05.006
De Young, A. C., Vasileva, M., Boruszak-Kiziukiewicz, J., Demipence Seçinti, D., Christie, H., Egberts, M. R., Anastassiou-Hadjicharalambous, X., Marsac, M. L., Ruiz, G., Alisic, E., Cobham, V., Donavon, C., Hoehn, E., March, S., Middeldorp, C., Paterson, R. S., Andreas, P., Lioupi, C., Lioupis, M., … Wamser, R. (2021). COVID-19 Unmasked Global Collaboration Protocol: longitudinal cohort study examining mental health of young children and caregivers during the pandemic. European Journal of Psychotraumatology, 12(1). https://doi.org/10.1080/20008198.2021.1940760
Fernanda, M. S., Fidiniki, A., Studi, P., Masyarakat, K., Syarif, U., & Jakarta, H. (2021). Peranan Kesehatan Mental Remaja Saat Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8591–8599.
Hakim, L. (2020). Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), 192–220.
Hasanah, M. (2017). Muhimmatul Hasanah. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 2017–2214.
Hennessy, M. J., Patrick, J. C., & Swinbourne, A. L. (2018). Improving Mental Health Outcomes Assessment with the Mental Health Inventory-21. Australian Psychologist, 53(4), 313–324. https://doi.org/10.1111/ap.12330
Karyani, U., & Himam, F. (2016). Merancang Perubahan di Sekolah untuk Menjadi Sekolah yang Mempromosikan Kesehatan Mental. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 48. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.1782
Khaironi, M. (2017). Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ……) Khaironi Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi ( Pendidikan Karakter ……) Khaironi. Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.
Latifa, L. (2022). Pandemi Memengaruhi Kesehatan Mental Anak. https://www.parenting.co.id/keluarga/pandemi-memengaruhi-kesehatan-mental-anak
Lau, E. Y. H., Li, J. Bin, & Lee, K. (2021). Online Learning and Parent Satisfaction during COVID-19: Child Competence in Independent Learning as a Moderator. Early Education and Development, 32(6), 830–842. https://doi.org/10.1080/10409289.2021.1950451
Meisa Diningrat, S. W. (2019). Desain Model Pembelajaran Online Sebagai Upaya Memfasilitasi Belajar Di Tempat Kerja. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 20(1), 17–24. https://doi.org/10.33830/ptjj.v20i1.333.2019
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567
Nurrohman Jauhari, M., Sambira, & Zakiah, Z. (2020). Penjas Adaptif Di Sekolah Luar Biasa. Journal STAND: Sports and Development, 1(1), 63–70. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/stand/about/submissions
Patel. (2019). 済無No Title No Title No Title. 2, 9–25.
Raharja, U., Lutfiani, N., Handayani, I., & Suryaman, F. M. (2019). Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran Online iLearning+ Pada Perguruan Tinggi. Sisfotenika, 9(2), 192. https://doi.org/10.30700/jst.v9i2.497
Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4
Ravens-Sieberer, U., Kaman, A., Erhart, M., Devine, J., Schlack, R., & Otto, C. (2022). Impact of the COVID-19 pandemic on quality of life and mental health in children and adolescents in Germany. European Child and Adolescent Psychiatry, 31(6), 879–889. https://doi.org/10.1007/s00787-021-01726-5
Rusdiantho, K. S. G., & Elon, Y. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Online Fase Pandemic Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2573–2585. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.899
Safriyani, R., Wakhidah, E. W., & Supriyanto, C. (2021). Online Learning Strategies During Covid-19 in an Early Childhood Education. Musamus Journal of Primary Education, 3(2), 145–156. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3227
Spinelli, M., Lionetti, F., Pastore, M., & Fasolo, M. (2020). Parents’ Stress and Children’s Psychological Problems in Families Facing the COVID-19 Outbreak in Italy. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01713
UNICEF. (2021). Dampak COVID-19 terhadap rendahnya kesehatan mental anak-anak dan pemuda hanyalah ‘puncak gunung es’ - UNICEF. 05 Oktober 2021. https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/dampak-covid-19-terhadap-rendahnya-kesehatan-mental-anak-anak-dan-pemuda-hanyalah
Wong, R. (2020). When no one can go to school: does online learning meet students’ basic learning needs? Interactive Learning Environments, 0(0), 1–17. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1789672