Pengembangan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berpikir Simbolik Anak Usia Dini

  • Leli Fertiliana Dea Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM-NU) Metro Lampung
  • Siti Fatonah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Agus Setiawan Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM-NU) Metro Lampung
  • Sudarti Sudarti Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIM-NU) Metro Lampung
  • Tabi’in Tabi’in Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
Kata kunci: Kartu Angka, Kognitif, Berpikir Simbolik

Abstrak

Banyaknya konflik terkait ketertarikan anak terhadap angka, serta dianggap materi yang sulit dan membosankan peneliti bertujuan melakukan pengembangan terhadap media kartu angka. Kartu angka ini dapat digunakan membantu anak dalam mengenalkan angka dan mengurutkan angka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media kartu angka untuk mengembangkan kognitif (berfikir simbolik) anak usia 5-6 Tahun Di TK Ma’arif 28 Gunung Sugih. Jenis penelitian pengembangan (research and development). prosedur pengembangan menurut teori Borg dan Gall yang terdiri dari tujuh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk dan revisi produk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pengembangan media kartu angka untuk meningkatkan kemampuan kognitif (berfikir simbolik) anak usia 5-6 tahun Di TK Ma’arif 28 Gunung Sugih Lampung Tengah yaitu dengan memperhatikan hal-hal berikut: 1) Menjelaskan materi yang akan dipelajari. 2) Menjelaskan aturan dari permainan kartu angka sampai siswa benar-benar paham bagaimana cara bermain sehingga permainan angka dapat dimulai. 3) Membagi siswa kedalam beberapa kelompok yang terdiri dari 2 anak. 4) Anak diminta menyebutkan jumlah gambar yang ada di kartu angka dan menyamakan dengan kartu angka lainnya. 5) Anak diminta menyebutkan nama gambar pada kartu angka. 6) Anak diminta mencocokkan jumlah gambar yang ada di kartu angka. Penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun, hal ini terbukti dari sebelum menggunakan media kartu angka, kemampuan kogniti tergolong belum berkembang secara maksimal. Kemudian setelah menggunakan media kartu angka selama dua minggu, kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Ma’arif 28 Gunung Sugih Lampung Tengah sudah Mulai Berkembang lebih baik.

Referensi

Filtri, H & Sembiring, A.K. “Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Tinjau dari Tingkat Pendidikan Ibu Di Paud Kasih Ibu Kecamatan Rumbai”, dalam PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1, No 2, April 2018, hlm. 171
Djamarah, S.B. & Zain, A. Strategi Belajar Mengajar (Jakarta:Rineka Cipta, 2010), hlm. 121.
Mulyati,R. “Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Siswa Sesuai Pendekatan Saintifik”, dalam PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, Vol.01(02), Mei 2019, hlm. 91.
Mailili, W.H. “Penerapan Media Pembelajaran Berbentuk Kartu Angka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA MTs Alkhairaat Kalukubula Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Bilangan Bulat”, dalam Scolae: Journal of Pedagogy, Volume 1, Number 1, 2018, hlm. 85
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2015), hlm. 407
Supriyono. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD”, dalam Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, Volume II, Nomor 1, Mei 2018, hlm. 44
Suryaningsih,N.M.A. & Rimpiati, N.L. “Implementation of Game-Based Thematic Science Approach in Developing Early Childhood Cognitive Capabilities”, dalam Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2 Issue 2 2018, hlm. 195
Zughoiriyah, B., Sulastri, N.M., & Tirtayani, L.A. “Penerapan Teams Games Tournament Berbantuan Media Kartu Angka Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan”, dalam e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Volume 3 No - 1 Tahun 2015, hlm. 4
Diterbitkan
2022-12-17
Bentuk Sitasi
Dea, L., Fatonah, S., Setiawan, A., Sudarti, S., & Tabi’in, T. (2022, December 17). Pengembangan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berpikir Simbolik Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1), 19-36. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i1.1419
Section
Articles