Penerapan Kegiatan Bermain Angklung dalam Mengembangkan Kecerdasan Musikal Anak Usia 5-6 Tahun
Abstrak
Kenyataannya yang terjadi saat ini di lembaga pendidikan anak usia dini, pembelajaran yang dilakukan di setiap sekolah hanya dengan konsep melaksanakan kegiatan bernyanyi, tepuk tangan, dan menari. Dalam pengenalan alat musik, anak hanya dikenalkan alat musik modern saja seperti piano dan drumband, begitupun pengetahuan anak terhadap alat musik tradisional sangatlah kurang. Manfaat penelitian ini diharapkan memberika wawasan baik secara teoritis maupun praktis bagi peneliti sesuai dengan fokus penelitian yang dilakukan. Peneliti ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tempat penelitian di TK Mekar Pertiwi Cadasari Pandeglang Banten dilaksanakan pada 08 September-06 Oktober, adapaun subjek penelitain adalah siswa kelas B. Hasil penelitian ini adalah dengan beberapa langkah yang menyenagkan, diserakan bermain dan nyanyian. Karena anak usia dini belajar melalui hal yang menyenagkan.
Referensi
Ahmad, Susanto. 2017. No Title. i. ed. rahmawati uce Suryani. jakarta: 2021.
Ari Pertama Sari, Dwi prasetiayawati Diyah hariyanti, and Purwandi. 2021. “No Title.” Analisis kecerdasan musikal anak usia dini dengan bermain alat musik angklung dikelompok B: 226.
Dr. Dadan suryana. 2021. No Title. september. jakarta.
Elfaidi. 2017. “No Title.” Kecerdasan jamak pada anak usia dini: hal 44.
Erni, Rosydiana. 2017. “No Title.” pendidikan anak usia dini: 56.
Irfan Effendi, Melisa Prawitasari, Heri Susanto. 2021. “Prabayaksa : Journal of History Education.” Journal of History Education 1: 21–25.
Khadijah, and nurul zahriani jf. 2021. No Title. oktober 20. medan.
Khodijah, D. 2020. “Pengelolaan Dana Zakat, Infaq Dan Shodaqoh Untuk Pemberdayaan Mustahiq Pada Program Perbaikan Rumah Tangga Miskin Di BAZNAS Kabupaten Lumajang.” Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam 1(2): 47–62. https://www.ejournal.iaisyarifuddin.ac.id/index.php/muhasabatuna/article/view/822.
M, Fadillah. 2019. No Title. jakarta: 2019.
Novela, T, and Yeni I. 2020. “No Title.” efektivitas penggunaan talempong pacik terhadap kecerdasan musikal ditaman kanak-kanak nurul hidayah bukit tinggi: 33–38.
Partikasari, Rika, Novi Ade Suryani, and Ranny Fitria Imran. 2014. “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Bermainflash Card Subaca Di Paud Al- Anisa Bentiring Kota Bengkulu.” Jurnal Ilmiah Potensia 3(4): 1–19.
Priansa juni donni. 2017. No Title. bandung: 2017.
Rachman, Tahar. 2018. “済無No Title No Title No Title.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.: 10–27.
Rina, jannah raudhatul, Sabi’at Amin, and Pudjiastuti Aning. 2018. No Title. 2018th ed. ed. Fidasta Friky. depok, dleman, yogyakarta: 2019.
Setyawati, Tiya. 2017. “No Title.” meningkatkan kecerdasan musikal memalui bermain alat musik angklung,: hal 64.
Setyawati, Tiya, Alis Triena Permanasari, and Tri Cahyani Endah Yuniarti. 2017. “MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL MELALUI BERMAIN ALAT MUSIK ANGKLUNG (Penelitian Tindakan Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten).” Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni 2(1): 63–77.
Yeni, I. 2015. “Keefektifan Penggunaan Permainan Perkusi Sederhana Untuk Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang 22(1): 76–81.