Pembelajaran Sentra melalui Bermain Assosiative

  • Gesa Kharisma Putri Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah NU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Pembelajaran Sentra, Bermain Assosiative

Abstrak

Kegiatan bermain merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak usia dini, melalui bermainlah anak dapat belajar dengan baik. Banyak hal yang  dapat kita lihat pada saat kegiatan bermain, perubahan perkembangan anak dapat terlihat dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  inovasi pembelajaran sentra melalui bermain Assosiative terhadap perkembangan nilai-nilai moral agama anak kelompok B di lembaga TK Insan Cendekia dan TK Roudhlatul Jannah Sidoarjo. Pendekatan kuantitatif eksperimen pada penelitian ini menggunakan rancangan Nonequivalent  Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di TK Insan Cendekia Sidoarjo dengan jumlah subjek penelitian 28 anak dan TK Roudlatul Jannah dengan jumlah subjek penelitian 30 anak. Data penelitian didapat dengan teknik observasi dan dokumentasi menggunakan pedoman observasi perkembangan  nilai-nilai moral agama. Pada penelitian ini, Analisis data dilakukan berbantuan SPSS dengan menggunakan uji (anova). Hasil penelitian menunjukkan nilai F hitung sebesar 4,909.dengan tingkat signifikan (sig) 0,002 kurang dari 5%,. Hasil ini dijadikan dasar dalam  mengambil kesimpulan. Karena angka signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian diatas peneliti menyimpulkan bahwa (1)  Bermain Assosiative berpengaruh signifikan terhadap nilai-nilai moral agama anak kelompok B, (2) inovasi pembelajaran sentra melalui Bermain Assosiative berpengaruh signifikan terhadap nilai-nilai moral agama anak  kelompok B. Selanjutnya disarankan kepada para guru Taman  Kanak-Kanak dalam  rangka meningkatkan perkembangan nilai-nilai moral agama anak dapat menggunakan jenis permainan Assosiative.

Referensi

Alice S. Carter, Margaret J. Briggs-Gowan, 2 Stephanie M. Jones,2 and Todd D.
Little3. 2003. “behavior problems; social–emotional competencies; infant; assessment; scale Development”. Journal of Abnormal Child Psychology, Vol. 31, No. 5, pp. 495–514
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arthur l. Costa tentang “Describing the Habith of Mind “ http://pgpaud.unpkediri.ac.id/index.php/web/data/3.1
Badru, Zaman. 2011. Starategi Pengembangan Moral-Agama di TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Catron, C.E and Allen, J. 1999. Early Childhood Curriculum a Creatuve-Play Model. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Duane Schultz. 1991. Psikologi Pertumbuhan Model-model Kepribadian Sehat, Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Model Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak
Goleman, Daniel. 2004. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Godwin S. Ashiabi. 2007. “Play in the Preschool Classroom: Its Socioemotional
Significance and the Teacher’s Role in Play”. Journal Early Childhood Education, Volume: Vol. 35, No. 2, October 2007 (California State University).
H. Kuntoro. 2009. Dasar Filosofis Metodologi Penelitian, Surabaya: Pustaka Melati.
Jean Ellis Ormrod. 2008. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Penerbit Airlangga
Kathryn David Geldard. 2013. Menangani Anak dalam Kelompok ,Yogyakarta: Pustaka pelajar
Luluk Asmawati, dkk. 2008. Modul 1 Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia dini, Jakarta: Universitas Terbuka.
Maria Von Salisch. 2001. ”Children’s emotional development Challenges in their relationships to parents, peers, and friends” International Journal of Behavioral Development International Journal of Behavioral Development, Freie Universita¨t Berlin, Germany 2001; 25; 310
Mingming Zhoul and Jessie Ee. 2012. “Development and Validation of the Social Emotional Competence Questionnaire (SECQ)”. National Institute of Education, Nanyang Technological University, Singapore. Journal Volume 4, Number 2,November 2012 pp 27-42
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media group.
M.Nazir. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia
M. Fadliliah & Lilif M. 2014. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media
Monks, Knoers, S. R. Haditono. Psikologi Perkembangan pengantar dalam berbagai bagian. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Octarina, N. F., Wajdi, M. B. N., Setiawan, M. I., Sukoco, A., Purworusmiardi, T., & Kurniasih, N. (2017). Tinjauan terhadap UU ITE untuk Penerapan Rekam Medis Berbasis Online pada Penduduk Muslim di Indonesia. AT-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 5(2), 78–94.
Setiawan, M. I., Surjokusumo, S., Ma’soem, D. M., Johan, J., Hasyim, C., Kurniasih, N., Sukoco, A., et al. (2018). Business Centre Development Model of Airport Area in Supporting Airport Sustainability in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 954, p. 12024). IOP Publishing.
Program Pascasarjana Unesa, 2014. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya: Unesa Univercity Press.
Santoso, S. (2002). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliana Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Sujiono, Yuliana Nurani & Sujiono, Bambang. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 1, no. 1 (March 18, 2014): 1-14. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/29.
Undang-Undang SISDIKNAS Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyudin, Uyu, 2011. Penilaian Perkembangan anak Usia Dini: Panduan untuk Guru, Tutor, Fasilitator dan Pengelola PAUD. Bandung: PT. Refika Aditama.
Wortham, Sue C. 1994. Early Childhood Curriculum Developmental Bases For Learning and Teaching. New York: Mac millan College Publishing Company, Inc
Yani, M. Turhan. 2011. Modul I Pengembangan Moral-Agama untuk Anak Usia Dini. PG. PAUD. FIP-Unesa.
Diterbitkan
2018-02-01
Bentuk Sitasi
Putri, G. (2018, February 1). Pembelajaran Sentra melalui Bermain Assosiative. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 4(1), 30-43. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v4i1.154
Section
Articles