Pengembangan Media Pembelajaran Big Book pada Pendidikan Seks untuk Anak Usia 4-5 Tahun di TK DWP Banjaran

  • Amalanda Natasyah Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya
  • Eka Cahya Maulidiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Nurhenti Dorlina Simatupang Universitas Negeri Surabaya
Kata kunci: Pendidikan Seks, Big Book, Anak

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh tingkat pengenalan pendidikan seks untuk anak usia dini di TK Banjaran hanya diberikan pada pembelajaran tema “Diriku†dan mengenalkan ciri-ciri anak laki-laki dan perempuan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan efektifitas dari media pembelajaran big book pendidikan seks untuk anak usia dini. Metode dalam penelitian pengembangan ini menggunakan R&D (Research and Development) yang mengacu pada model ADDIE. Validitas pada penelitian adalah ahli media dan materi. Sampel penelitian adalah anak usia 4-5 tahun dengan jumlah 30 anak di TK DWP Banjaran. Teknik pengumpulan data penelitian berupa lembar angket atau kuisioner dan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis N-gain. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media pembelajaran big book pada pendidikan seks untuk anak usia 4-5 tahun layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak. Kelayakan ahli media termasuk kategori sangat layak (92%) dan ahli materi termasuk kategori sangat layak (89%). Berdasarkan uji efektivitas termasuk kategori sedang (0.63), sehingga media pembelajaran big book pada pendidikan seks untuk anak usia 4-5 tahun dinyatakan sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan pendidikan seks serta meningkatkan perkembangan kognitif anak.

Referensi

Arikunto, S., & Safrudin, A. J. C. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Awaluddin, L. (2008). Cerdas Sexual: Sex Education for Teenagers. Bandung: Shofie Media.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Briggs, F., & Hawkins, R. (1997). Child Protection A guide for teachers and child care professionals. United Kingdom: Taylor & Francis Group.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat. (2019). Aku Sayang Tubuhku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fatma, Z., & Maulidiyah, E. C. (2019). Pengaruh Permainan Engklek Modifikasi Terhadap Pemahaman Pendidikan Seks Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 8(2), 1–5.
Fatmawati, & Nurpiana. (2018). Pengetahuan Orang Tua Tentang Pendidikan Seks Sejak Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kesehatan Iqra, 6(2), 77–83.
Fauzia, M. (2022). KemenPPPA: 797 Anak Jadi Korban Kekerasan Seksual Sepanjang Januari 2022. https://nasional.kompas.com/read/2022/03/04/17062911/kemenpppa-797-anak-jadi-korban-kekerasan-seksual-sepanjang-januari-2022?page=all
Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift The Flap “Auratku.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 39–54.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & P, I. M. I. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Indrasari, A., Novita, D., & Megawati, F. (2018). Big Book: Attractive Media for Teaching Vocabulary to Lower Class of Young Learners. JEES (Journal of English Educators Society), 3(2), 141–154. https://doi.org/10.21070/jees.v3i2.1572
Iswinarno, C., & Aranditio, S. (2022). Selama 2021, KPAI Catat Ada 859 Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak. https://www.suara.com/news/2022/01/24/213518/selama-2021-kpai-catat-ada-859-kasus-kekerasan-seksual-terhadap-anak
Marlina, S., & Pransiska, R. (2018). Pengembangan Pendidikan Seks Di Taman Kanak-Kanak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 2(2), 1–12.
Maryam, S. (2017). Gambaran Pendidikan Orang Tua dan Kekerasan pada Anak dalam Keluarga di Gampong Geulanggang Teungoh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 3(1), 69–76.
PH, L., Ramli, M., & Radjah, C. L. (2021). Adakah Hubungan Kekerasan Fisik Dan Verbal Orang Tua Dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah? Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(2).
Pribadi, S. I., Suarjana, I. M., & Ujianti, P. R. (2021). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Seksual Anak Usia Dini (AUD). Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/33134
Pujiastuti, N. (2019). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Pra Sekolah. Prosiding Seminar Nasional, 68–74.
Putro, D. P., Sulisetyawati, S. D., & Ardiani, N. D. (2021). Pengaruh Pemberian Edukasi Kesehatan Dengan Media Animasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Sex Education Pada Anak Usia Dini The Effect of Providing Health Education with Animation Media on the Parents ’ Knowledge Level About Sex Education i. Doctoral Dissertation, Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Rahmadi, D. E. A., Jayanti, D. D., & Fitriana, D. (2021). Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok Bermain. Sawabiq Jurnal Keislaman, 1(1), 1–6.
Restian, A., & Maslikah, S. (2019). Jurnal cakrawala pendas. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2).
Reza, M., Ningrum, M. A., Saroinsong, W. P., Maulidiyah, E. C., & Fitri, R. (2020). Trial Design of Sexual Education Module on Children. ATLANTIS PRESS, 503(Iceccep 2019), 108–110. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201205.095
Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). JAMBI: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Santi, A., Regina, & Fergina, A. (2016). Teaching Vocabulary Through Big Book To Students of Paud Santa Maria Ratu Rosari. JPPK: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1–13.
Saprin, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Big Book Berbasis Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Di Kelas V MI Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2, 470–477. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Setiawan, R. D., & Hasibuan, R. (2019). Pengaruh Media Big Book Terhadap Kemampuan Membilang Anak Kelompok A Di TK Dharma Wanita II Desa Pecuk Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nhanjuk. Jurnal PAUD Teratai, 08(02), 1–4.
Setiyaningsih, G., & Syamsudin, A. (2019). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 19–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p19-28
Sholikah, M. M., Kuswadi, & Sujana, Y. (2018). Penggunaan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas pada Anak Kelompok B2 TK Islam Permata Hati Makam Haji Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Kumara, 6(3), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/kc.v6i3.35134
Simatupang, N. D., Widayati, S., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8–17. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.698
Solehuddin, M., Syaripah, I., Budiman, N., Setiawan, D., & Budi, U. L. (2008). Pembaharuan Pendidikan TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhasmi, N. C., & Ismet, S. (2021). Materi Dan Strategi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(2), 164–174. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3385
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajarn Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
USAID. (2014). Materi Uuntuk Sekolah Praktik Yang Baik Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Jakarta: USAID.
Widayati, S., & Adhe, K. R. (2020). Media Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Diterbitkan
2023-06-18
Bentuk Sitasi
Natasyah, A., Adhe, K., Maulidiyah, E., & Simatupang, N. (2023, June 18). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book pada Pendidikan Seks untuk Anak Usia 4-5 Tahun di TK DWP Banjaran. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 182-197. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i2.1716
Section
Articles