Hubungan Kelekatan Anak terhadap Ibu dengan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di RA Darul Ulum Banjaragung
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelekatan anak terhadap ibu dengan kemandirian anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di RA Darul Ulum Banjaragung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan kemandirian anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan pembelajaran maupun di luar kegiatan pembelajaran yaitu membimbing, mengarahkan, memberi contoh, memberikan rasa percaya diri pada anak dan mendisiplinkan diri pada anak. Adapun metode yang digunakan oleh guru dalam mengembang kemandirian anak yaitu metode bermain, bercakap-cakap, bercerita, proyek dan metode pembiasaan. Sedangkan hambatan yang dialami guru yaitu adanya beberapa anak yang kurang mandiri. Sehingga guru di RA tersebut membantu anak mengerjakan tugasnya baik di dalam maupun di luar kegiatan pembelajaran. Kelekatan anak pada ibu dapat menimbulkan berbagai macam perilaku-perilaku tertentu. Anak akan merasa tidak nyaman dan takut ketika ditinggal oleh ibunya, ia membutuhkan sosok yang mampu melindungi dan membuatnya aman. Anak merasa nyaman ketika mendengar suara figure lekat (ibu), rabaan dan keberadaan sang ibu.
Referensi
Ali, M dan Asrori, M, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011). Ibnu Hadjar, Dasar-dasar metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan, PT Grafindo Prasada, 1996.
Jalaluddin, Teologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001)
Nugraheni A.S, Hubungan Work-Family Balance dan regulasi emosi dengan secure attachment pada ibu bekerja yang memiliki anak remaja di Pt ina Grafindo Surakarta (Skripsi), (Universitas Sebelas Maret, 2015).
Santrock, J W, Perkembangan Anak, (Jakarta : Salemba Humanika, 2011).
Soetjiningsih, Christiana Hari, Perkembagan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-kanak Akhir,( Jakarta: Prenada Media Group, 2012) .
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi ReIIIsi V, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), cet ke-12.
Sukardi, D. Metode Penelitian Pendidikan, Bumi Aksara, Yogyakarta, 2003.