Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak pada Film Iqro’: Petualangan Meraih Bintang

  • Shofi Syifa’ul Fuadiyah Ahla Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • M. Abzar Duraesa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sy. Nurul Syobah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Kata kunci: Film, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak, Todorov

Abstrak

Karakter sangat erat kaitannya dengan nilai-nilai kebaikan yang sering diamalkan pada kehidupan sehari-hari dan akan terbentuk pribadi yang baik bagi kalangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan niali-nilai karakter yang terdapat pada film Iqro’: petualangan meraih bintang Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi pendekatan analisis naratif Tzevatan Todorov. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa  dalam nilai-nilai pendidikan karakter pada film Iqro’: petualangan meraih bintang terdapat sepuluh nilai karakter diantaranya ialah alur awal yaitu  terdapat rasa ingin tahu yang berupa keinginan yang mendalam untuk memperdalam pengetahuannya dalam dunia astronomi, jujur berupa ungkapan guru mengaji Aqila yang mengadukan bahwa Aqila mengalami penurunan dalam mengaji, kreatif berupa menghias kamar dan membuat miniatur, religius dan disiplin berupa sholat berjamaah dan menepati aturanyang terdapat di rumah. Alur tengah berisi tentang gemar membaca berupa mengaji Alquran agar dapat membaca langit dan bumi. Alur akhir (keseimbangan) yaitu nilai karakter cinta  tanah air berupa wujud Opa yang memperjuangkan negara dengan menyebar ilmu pengetahuan Bosscha dan mempublikasi karya-karyanya hingga ke mancanegara. Cinta damai berupa Bang Codet yang yang berdamai dengan Opa, nilai karakter peduli lingkungan memikirkan nasib warga dengan lingkungan yang nantinya akan kekurangan air, toleransi yaitu bentuk Opa yang tetap ingin  membantu Bang Codet mencarikan modal usaha. Diharapkan penelitian ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat berbagai lapisan dalam mengamalkan nilai-nilai pendidikan karakter pada kehidupan sehari-hari dan pentingnya untuk memenuhi kecakapan hidup serta menggunakan teknologi dengan seperlunya di era society 5.0.

Referensi

“Iqro: Petualangan Meraih Bintang - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. (2023., Aprl 12).
Alfajri, I. (2023, Mei 24). Wawancara Sutradara Film Iqro': Petualangan Meraih Bintang.
Gunawan, H. (2020). Heri Gunawan, “Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi”, dalam Ni Putu Suwardani, “Quo Vadis” Pendidikan Karakter: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Bali: UNHI.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research Kajian Filosofis, Teoritis dan Aplikasi Proses dan Hasil . Depok: Rajawali Press.
Krippendorff, K. (1991). Analisis Isi Pengantar Teori dan Metodologi. Jakarta: CV. Rajawali.
Mayar, F. (2022). Analisis pembelajaran seni melalui finger painting pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 359.
Mega, A. H. (2017). “Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Yang Terkandung Dalam Syair Lagu Karya Harris J Pada Album ‘Salam. Skripsi, 3.
Sinar. (2018). Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Sriwilujeng, D. (2017). Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi.
Sukitman, Tri (2016). “Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter).” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan 2, no. 2: 85–96.
Wiyani, Novan Ardy, 2018. Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Diterbitkan
2023-06-18
Bentuk Sitasi
Fuadiyah Ahla, S., Duraesa, M. A., & Syobah, S. (2023, June 18). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak pada Film Iqro’: Petualangan Meraih Bintang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2), 211-222. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v9i2.1719
Section
Articles