Pengembangan Media Kongka ( Koper Angka) untuk Menstimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak usia 5-6 Tahun
Abstrak
Masalah utama dalam penelitian ini adalah anak kurang tertarik dengan pembelajaran yang mengembangkan tentang kemampuan kognitif khususnya mengenal konsep bilangan dan masih ada beberapa anak yang belum mampu menyebut bilangan, membilang, mengurutkan, dan menghubungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan keefektifan media Kongka untuk mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Validator pada penelitian ini adalah 2 orang ahli (ahli materi, ahli media dan desain pembelajaran) dan 2 Guru PAUD. Subjek uji coba terbatas pada penelitian ini adalah anak TK usia 5-6 tahun dengan jumlah keseluruhan 10 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar instrument penilaian. Hasil dari pre-test dan post-test dihitung menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk Test. Hasil penilaian para ahli memperoleh nilai 90,9% dari ahli media, dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 75%, sedangkan dari uji coba guru mendapatkan nilai sebesar 75% dan 91,6%. Berdasarkan hasil efektivitas didapatkan signifikansi 0,000 < 0,05 maka hal tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Kongka efektif digunakan untuk mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun.
Referensi
Asmariani, A. (2016). Konsep Media Pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Baharun, H., & Saleha, L. (2021). Pengelolaan APE Berbahan Limbah untuk Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. 5(2), 1382–1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763.
Cahyani. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Dengan Menggunakan Media Bahan Alam Pada Kelompok B TK Bunda Yani. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Eli, S. (2020). Pengaruh Bermain Kereta Angka terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak di TK Babatan Seluma (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu)..
Fardiah, dkk. (2019). "Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Sains." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254.
Hapsari, A. E. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together berbantuan media interaktif untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 1-9.
Hendriati, A., & Santoso, S. (2021). Identifikasi Kontributor Pengembangan Kognitif Anak Prasekolah : Guru , Teman , Lingkungan Fisik Sekolah ? 5(2), 1269–1281. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.757.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Kurniandari, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Dengan Kotak Matematika Kelompok A1 Di TK ABA Margomulyo III. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(6), 651-659.
Marlina, M. P., Wahab, A., Susidamaiyanti, M. P., Ramadana, M. P. I., Nikmah, S. Z., Wibowo, S. E., ... & Ramdhayani, E. (2021). Pengembangan media pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Irfan, M., Ikhwana, I., Rismawati, R., Hamsidar, H., Rahmah, K., Suhardin, S., ... & Syah, A. (2018). Penerapan Media Visual Text Card Materi Sifat Mustahil Allah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Kelas Iii Sdit Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 1(2), 123-150.
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan Kognitif Bidang Auditori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805.
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.
Ramaini, R. (2012). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar Di Tk Negeri Pembina Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(3).
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji validitas dan reliabilitas kuesioner perilaku prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(4), 279-284.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media.
Yudha, D. A., & Bambang, S. H. P. (2017). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin di SMK Piri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 5(3), 215-222.