PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PENGENALAN TAUHID PADA ANAK TK B DI PAUD-IT CENDEKIA ACEH BESAR

  • Lina Amelia Program Studi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • R.A Maratun Shalihah, Mara Program Studi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Heliati Fajriah Program Studi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh
Kata kunci: anak, Pembelajaran Sains, Pengenalan Tauhid

Abstrak

Pengenalan tauhid pada penelitian ini adalah mengenal  Keesaan Allah melalui kegiatan sains sederhana yang mudah dipahami oleh anak. Berdasarkan hasil observasi di PAUD-IT Cendekia Darussalam pengenalan tauhid sudah dikenalkan pada anak namun masih dalam bentuk formalitas dalam memuncukan indicator Nilai Agama dan moral anak. Tujuan penelitian ini Pengaruh Pembelajaran Sains Terhadap Pengenalan adalah ingin mengetahu Tauhid Pada Anak TK B di PAUD-IT Cendekia Aceh Besar. Pada penelitian ini bentuk pengenalan tauhid yang diperkenalkan untuk anak melalui pembelajaran sains yang menyenangkan serta dihubungkan dengan sifat Allah yaitu (Wujud, Qudrah, Iradah). Percobaan sains yang yang dilaksanakan dalam penelitian ini yaitu percobaan gunung meletus, percobaan pelangi, dan percobaaan gerhana. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasinya yaitu semua siswa kelas B dengan jumlah 42 anak di PAUD-IT Cendekia Darussalam. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling, sehingga sampel yang terpilih adalah kelas B2 dengan jumlah 14 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan dapat dibuktikan dengan nilai signifikansi yaitu 0,000  0,05 dan nilai t memperoleh nilai Thitung sebesar 6,928 dan hasil dari uji Ttabel sebesar 1,770 dapat dilihat bahwa dari nilai signifikan dan nilai Thitung  nilai Ttabel yang artinya bahwa H0 ditolak Ha diterima, hasil penelitian tersebut menggunakan SPSS 20. Dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti pembelajaran sains berpengaruh terhadap pengenalan tauhid pada anak TK B di PAUD-IT Cendekia Darussalam.

Referensi

Annafi, N., & Lukman, L. (2022). ALAT PERMAINAN EDUKATIF BERBAHAN LIMBAH RUMAH TANGGA PADA PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.1013
Arikunto. (2013). Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. In Rineka Cipta, Jakarta.
Basuki, B. (2022). Identifikasi Materi Pembelajaran PAI pada PAUD Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3142
Basyir, H., & Dkk. (2016). Tafsir Muyassar. Darul Haq.
Direktorat KSKK Madrasah kementerian Agama. (2022). Panduan Kurikulum Operasional Madrasah. Direktorat KSKK Madrasah kementerian Agama.
Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. SELING : Jurnal Program Studi PGRA., 8(1), 143–158.
Feba, D. N. D., Susila, N. S., & Azzhara, N. (2023). Pentingnya Penanaman Pendidikan Tauhid pada Anak Usia. Gunung Djati Conference Series, 22, 222–233. website: https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/
Gussevi, S., & Muhfi, N. A. (2021). Tantangan Mendidik Generasi Milenial Muslim di Era Revolusi Industri 4.0. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi ISlam, 2(01), 46–57. https://doi.org/10.52593/pdg.02.1.05
Hanik Mutma’inah, Muhammad Ainun Najib, & Heny Kusmawati. (2023). Strategi Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Journal of Student Research, 1(1). https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.984
Hasbi, M. (2016). Ilmu Tauhid Konsep Ketuhanan Dalam Teologi Islam. TrustMedia Publishing.
Hidayati, N. (2016). Konsep Integrasi Tripusat Pendidikan Terhadap Kemajuan Masyarakat. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 203–224. https://doi.org/10.21043/edukasia.v11i1.811
Idhar. (2021). Konsep Pendidikan Tauhid pada Anak Usia Dini. Jurnal Fashluna, 1–87.
Ismail, I., & Fahmi, F. (2017). INTERNALISASI SIKAP KEBERAGAMAAN SEJAK ANAK USIA DINI. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1473
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif. In Anak Hebat Indonesia. anak hebat indonesia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kafrawi, K. (2020). Pemikiran Syekh Abdul Qadir Al-Jailani tentang Ma’rifat. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01). https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.146
Kemenag, R. (2019). Al-Qur’an dan Terjemah Juz 20-30. Al-Qur’an Dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019, 373.
Kharisman, A. U. (2018). Menggali Kandungan Makna Surat Yasin. Pustaka Hudaya.
Kurniasari, A. F., & Susanti, W. M. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Nilai Agama & Budi Pekerti.
Madyawati, L., Marhumah, M., & Rafiq, A. (2021). Urgensi Nilai Agama Pada Moral Anak Di Era Society 5.0. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 18(2), 132–143. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2021.vol18(2).6781
Mahrus, I. (2020). Terjemah dan Keterangan Kitab Kifayatul Awam. Mu’jizat.
Mursidin, M. (2020). Transformasi Nilai Tauhid: Menggugah dan Mengubah Kehidupan. ITPA BANDUNG.
Perni, N. N. (2017). Pentingnya Menciptakan Suasana Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 45. https://doi.org/10.25078/pw.v2i2.1015
Rahmawati, S. (2020). Media Realia dalam Pembelajaran Sains Anak Usia 5-6 Tahun. Irfani, 16(1). https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1309
Ramadan, F., Awalia, H., Wulandari, M., Nofriyadi, R. A., Sukatin, & Amriza. (2022). Manajemen Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(4), 70–82.
Sirait, S. (2020). Tauhid dan Pembelajarannya. 1–310. http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43052
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Projek Penguatan Profil Pancasila. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Susana, E., Suryani, L., Rahmawati, S., Sudarto, S., & Gozali, A. A. (2023). Tinjauan Perspektif Taxonomy Bloom Terhadap Model Pembelajaran Hots Dalam Literasi Sains. SELING : Jurnal Program Studi PGRA., 9(2), 255–267. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/303
Diterbitkan
2025-01-09
Bentuk Sitasi
Amelia, L., Shalihah, R., & Fajriah, H. (2025, January 9). PENGARUH PEMBELAJARAN SAINS TERHADAP PENGENALAN TAUHID PADA ANAK TK B DI PAUD-IT CENDEKIA ACEH BESAR. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 11(1), 23-37. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v11i1.2132