Buku Cerita Bergambar Tiga Kata Ajaib untuk Pendidikan Karakter Berkata Santun Anak Usia Dini
Abstrak
Berkata santun adalah salah satu bentuk karakter yang perlu diajarkan kepada anak untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita berrgambar untuk pendidikan karakter berkata santun, yaitu kata maaf, tolong, dan terima kasih anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media buku cerita Tiga Kata Ajaib yang dikembangkan telah melalui validasi oleh ahli materi PAUD, ahli bahasa dan ahli buku. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli materi PAUD sebesar 83.8% (sangat baik), ahli bahasa sebesai 89.3% (sangat baik) dan ahli buku 82.9% (sangat baik). Uji coba dilakukan pada 37 anak usia dini dan mendapatkan hasil rata-rat 81,2% (sangat baik). Hasil validasi dan uji coba buku cerita bergambar Tiga Kata Ajaib dikatakan layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini khususnya pendidikan karakter berkata santun.
Referensi
Chairunnissa, D., & Masykuroh, K. (2023). Persepsi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kepulauan Seribu. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 9(1).
Halim, D., & Parhehean Munthe, A. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216.
Hasan Lubis, A., & Darwis Dasopang, M. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Augmented Reality untuk Mengakomodasi Generasi Z. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 780–791. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Hidayat. (2020). Penerapan Pola Asuh Orang Tua pada Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Pegasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini, 1(1), 33–46.
Khotimah, K., & Hidayat, N. (2021). Membangun Karakter Peserta Didik Melalui Pembiasaan Santun Berbahasa. Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 601–612.
Latif Muslim, F., Supriatna, E., & Siliwangi, I. (2018). Menemukan Pemerolehan Bahasa Kasar pada Anak Usia 4 Tahun di Kampung Cihanjawar Piurwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(6).
Lickona, T. (1991). Educating for Character : How Our Schools Can Teach Respect and Respobsibility. Bantam, New York
Mislikhah, Siti (2014), Kesantunan Berbahasa. Ar-Raniry: International Journal of Islamic Studies Vol. 1, No.2, 285-296
Masykuroh, K., & Khairunnisa. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Mengenal Sampah untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini. SELING Jurnal Program Studi PGRA , 8(2).
Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kreativitas AUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1).
Prasanti, D., & Rakhma Fitriani, D. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas? Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13–19. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275.
Suminah, I., Takengon, A., & Tengah, A. (2021). Penerapan Bahasa SantunTerhadap Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Buah Hati Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Wanto, S., Okilanda, A., el Cintami Lanos, M., Dwiansyah Putra, D., Lestari, H., & Awali, M. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Jurnal PKM Ilmu Kependidikan, 46. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.3023
Yenti, Y. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusi, 5(2), 2045–2051.