Persepsi Guru terhadap Permainan Ular Tangga Modifikasi untuk Meningkatkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini

  • Andi Khairriyah Universitas Jambi
  • Tri Dilla Amanda Universitas Jambi
  • Iva Andina Putri Universitas Jambi
  • Masyunita Siregar Universitas Jambi
Kata kunci: Modifikasi Ular Tangga, Nilai Agama dan Moral

Abstrak

Pendidikan anak usia dini adalah suatu pendidikan yang fokus pada pertumbuhan dan perkembangan anak yaitu fisik anak, koordinasi motorik halus dan motorik kasar, kecerdasan yaitu (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual), sosial emosional yaitu (sikap dan perilaku), bahasa dan komunikasi sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru terhadap permainan ular tangga yang dimodifikasi untuk meningkatkan nilai agama dan moral anak. Metode penelitian ini menggunakan survei online berupa kuesioner melalui google form. Responden dalam penelitian ini adalah 5 orang guru di TK IT Fania Salsabila Barokah. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan melalui google form yang dibagikan kepada guru, 100% guru mengatakan bahwa TK telah menerapkan permainan ular tangga sebagai sumber belajar di sekolah, namun yang diterapkan di sekolah adalah permainan ular tangga tradisional yang belum dimodifikasi. Guru juga menyampaikan bahwa anak dapat menerapkan permainan ular tangga yang dimodifikasi ini dengan cara bermain sambil belajar sehingga pembelajaran menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak serta dapat menanamkan sikap, perilaku dan ketrampilan anak. Diharapkan permainan ular tangga modifikasi untuk mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia dini dapat menjadi acuan guru atau contoh sebagai salah satu media yang konkrit juga menarik yang terkandung didalamnya nilai edukatif yang sesuai dengan aspek perkembangan anak yaitu nilai agama dan moral.

Referensi

Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. INoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1).
Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2).
Audina, R., Setyaningsih, K., & Fitri, I. (2022). Pengaruh media permainan ular tangga terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Tk Dharma Wanita Pampangan Oki. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 295-304.
Fathan. (2017). Pengertian Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga.
Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2015). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Pembelajaran Dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2).
Lestari, N. G. A. M. Y. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga “Widya Suputra” Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 23-30.
Maisyarah, E., & Firman, F. (2019). Media Permainan Ular Tangga, Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 4(1), 32-38.
Maqdalena, & Widiastuti. (2018). Meningkatkan Kemampuan Simbol Huruf Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Dukuh Krajan Rt 09 Rw 01 Kelurahan Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Pendidikan, 34(2).
Nurhayati, I. (2012). Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi di PAUD Geger Sunten, Desa Suntenjaya). EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 1(2), 39-48.
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Rakhmadhani, N., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2013). Pengaruh penggunaan metode teams games tournaments berbantuan media teka-teki silang dan ular tangga dengan motivasi belajar terhadap prestasi siswa pada materi koloid kelas XI SMA Negeri 1 Simo tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 190-197.
Saripudin, A., & Faujiah, I. Y. (2020). Model Edutainment dalam Pembelajaran PAUD. PT Rajagrafindo Persada.
Swastrini, K. C., Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016) Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 Di TK Widya Sesana Sangsit. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2),
Trisnanti, I. A. N. L., Tirtayani, L. A., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Media Flashcard Bilingual Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Permulaan Anak Kelompok B TK Gugus Mawa. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha,
Wulanyani, N. M. S. (2014). Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan melalui Permainan Ular Tangga. Jurnal Psikologi, 40(2).
Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73.
Diterbitkan
2024-01-24
Bentuk Sitasi
Khairriyah, A., Amanda, T., Putri, I., & Siregar, M. (2024, January 24). Persepsi Guru terhadap Permainan Ular Tangga Modifikasi untuk Meningkatkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(1), 11-19. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v10i1.2140
Section
Articles