Pengembangan Kecerdasan Majemuk pada Anak Usia Dini pada Sentra Sains di TK Islam Terpadu Nurul Ilmi

  • Septi Ayu Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Fadilah Sani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Wildani Wildani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Adawiyah Barus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Swandari Purnama Ningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Ayu Ramadani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Masganti Sit Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Kata kunci: Kecerdasam Majemuk, Anak Usia Dini, Sentra Sains

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran sentra sains di Tk Islam Terpadu Nurul Ilmi. Penelitian Ini Merupakan Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Aktivitas yang terlibat dalam analisis data adalah: pengumpulan data, kondensasi data, presentasi data dan penulisan kesimpulan. Kegagalan temuan penelitian diuji kembali dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik Triangulasi. Temuan dari studi ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran pusat sains dimulai dengan penciptaan program semester dan pengembangan rencana implementasi pelajaran sehari-hari, (2) implementasi pembelajaran pusat Sains menggunakan kurikulum 2013 dan menggunakan metode seperti ceritanya, demonstrasi, pembelajaran berdasarkan tugas, diskusi, dan pembelajaran berbasis proyek, (3) evaluasi pembelajaran center sains dilakukan setiap hari menggunakan catatan anekdot dan daftar cek. Faktor pendukung termasuk kehadiran guru pusat yang lulus dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan gelar Sarjana, penyediaan media yang baik, dan ketersediaan fasilitas pusat sains. Sementara itu, faktor penghalang adalah waktu terbatas yang tersedia untuk menerapkan pembelajaran pusat sains.

Referensi

Altan, M. Z., Gardner, H., & Altan, M. Z. (2001). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century. TESOL Quarterly, 35(1), 204. https://doi.org/10.2307/3587873
Aulia Rahman, T., Fitri, N. L., & Aulia, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(02), 145–157. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i02.411
Ismawati, P., Farihah, N., Al, S., & Mojokerto, H. (2018). Penerapan Pembelajaran Sentra Bahan Alam/Sains terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelompok B di RA Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 91–112. http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/view/24
Legowo, E. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Penstimulasian Multiple Intelligences Siswa. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.17977/um001v2i12017p001
Mansur, D., Tolukun, T., & Kalalo, G. (2021). Pemanfaatan Alat Musik Dari Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di TK Frater Don Bosco Tomohon. Kidspedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–5. http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/kidspedia/article/view/2190
Muhsinin, & Navi, I. (2017). Efektifitas Pembelajaran Sentra di Kecamatan Trowulan Mojokerto. SELING : Jurnal Program Studi PGRA, 3(2), 107–124.
Mustajab, M., Baharun, H., & Iltiqoiyah, L. (2020). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1368–1381. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.781
Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini.
Sitorus, M. (2020). kecerdasan majemuk : Ruang Lingkup, Indikator, dan Pengembangannya (1st ed.). KENCANA.
SUJIONO, Y. N. (2013). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. 96–100. https://news.ddtc.co.id/strategi-pendidikan-pajak-untuk-anak-usia-dini-11555
Werdiningsih, W., & Ahmadi, A. (2022). Manajemen Pembelajaran PAUD Berbasis Model Sentra dan Lingkaran Dalam Peningkatkan Multiple Intelligences Anak. http://repository.iainponorogo.ac.id/1393/
Zakaria Hanafi, M., & Ed, M. (2014). IMPLEMENTASI METODE SENTRA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN MAJEMUK ANAK USIA DINI (Studi Kasus TK Batutis Al-Ilmi Pekayon Bekasi) Tesis Dimajukan kepada Sekolah Pascasarjana untuk Persyaratan Memperoleh Gelar Magister Agama dalam Bidang Ilmu Pendidikan Agama Islam Pembimbing.
Lestariningrum, A. (2018). Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Menggunakan Media Audio Visual. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN KEWARGANEGARAAN IV, 81–87
Hachette UK. Krobo, A. (n.d.) Latif, M. (2016). Orientasi baru pendidikan anak usia dini teori & aplikasi. Prenada Media
Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya
Noorlaila, I. (2010). Panduan lengkap mengajar PAUD. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Diterbitkan
2024-01-24
Bentuk Sitasi
Harahap, S., Sani, F., Wildani, W., Barus, A., Ningsih, S., Ramadani, A., & Sit, M. (2024, January 24). Pengembangan Kecerdasan Majemuk pada Anak Usia Dini pada Sentra Sains di TK Islam Terpadu Nurul Ilmi. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(1), 20-28. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v10i1.2141
Section
Articles