LITERASI SAINS MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN DI RA SYAFA'ATUL ULUM
DOI:
https://doi.org/10.29062/seling.v10i2.2347Keywords:
Literasi sains,Eksplorasi lingkungan,pembelajaran sainsAbstract
Literasi sains pada anak usia dini merupakan fondasi penting untuk pengembangan pemahaman mereka tentang dunia sekitar. Eksplorasi lingkungan memberikan pengalaman langsung yang mendalam, memungkinkan anak-anak untuk membangun pengetahuan mereka tentang alam dan proses ilmiah secara alami. Dalam penelitian ini, Peneliti mengeksplorasi bagaimana interaksi anak-anak usia dini dengan lingkungan mereka memengaruhi literasi sains mereka. Peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara untuk memahami bagaimana anak-anak berinteraksi dengan objek dan fenomena alam, serta bagaimana pengalaman tersebut memengaruhi pemahaman mereka tentang konsep ilmiah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksplorasi lingkungan secara aktif mendorong perkembangan literasi sains pada anak usia dini, dengan pengalaman langsung yang memperkuat pemahaman mereka tentang konsep-konsep ilmiah. Implikasi praktis dari penelitian ini mendukung penggunaan pendekatan berbasis lingkungan dalam pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan literasi sains mereka.
References
. K. R. D., . D. I. K. G. P., & . M. M. S. P. . M. P. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Eksplorasi Lingkungan Sekitar Terhadap Kemampuan Sains Anak Taman Kanak- Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 218. https://doi.org/10.23887/paud.v7i2.18997
Albi Anggito, J. S. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=59V8DwAAQBAJ
Anawaty, M. F., & Pratiwi, E. (2023). Teori Dan Praktik Pembelajaran STEAM Pada Anak Usia Dini. Bayfa Cendekia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=5dDhEAAAQBAJ
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN?: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Basam, F., Rusilowati, A., & Ridlo, S. (2018). Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri Saintifik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(1), 1. https://doi.org/10.24905/psej.v3i1.800
Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122
Hidayah Binsa Fakultas Tarbiyah IAI Ngawi, U. (2021). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Pelangi Anak Negri Yogyakarta. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 8(2), 2021. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191
Marlina, A. I., Soni, N. N., & Rizal, S. (2019). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar Untuk Anak Usia Dini. Tarbiyah Al-Aulad |, 4(1), 98. http://riset-iaid.net/index.php/TA
Maya, L. S. (2021). Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 88–98.
Putri, S. U., & Bayuni, T. C. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. UPI Sumedang Press. https://books.google.co.id/books?id=QyGlDwAAQBAJ
Risnawati, A. (2020). Pentingnya Pembelajaran Sains bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2, 513–515. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/447
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=1pWEDwAAQBAJ
Rusdawati, R., & Eliza, D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini 5-6 Tahun untuk Belajar dari Rumah. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3648–3658. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1750
Sativa, B. R., & Eliza, D. (2023). Pengembangan E-Modul Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1564–1574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4037
Semiawan, P. D. C. R. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo. https://books.google.co.id/books?id=dSpAlXuGUCUC
Shofiyah, A. (2022). Survei Tingkat Pemahaman Guru Tk Pada Literasi Sains Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 17(1), 112–125.
Sholeha, V., Wahyuningsih, S., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Nurjanah, N. E. (2021). Penerapan Literasi Sains Basis Kelas oleh Guru PAUD di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2013–2019. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1237
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692
Wihardjo, R. S. D., & Rahmayanti, H. (2021). PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=zEMjEAAAQBAJ
Zahro, I. F., Atika, A. R., & Westhisi, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121-130