Hubungan Bermain Balok dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di RA Miftahul Ulum Tahun Ajaran 2013/2014

  • Shofiyatul Aliyah RA Miftahul Ulum
Kata kunci: Bermain Balok, Perkembangan Kognitif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bermain Balok, Perkembangan Kognitif dan hubungan antara bermain Balok, dengan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di RA. Miftahul Ulum.Jenis penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Populasi pada penelitian sebanyak 20 anak usia 4-5 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik Analisis Deskriptif.Hasil penelitian yaitu: (1) bermain balok pada anak yaitu sebanyak 76 % anak berada pada kategori sedang, yaitu anak mampu membentuk bangunan  balok  tiga  dimensi  namun  tidak  menggambarkan  benda  aslinya, serta menyebutkan nama bangunan balok tapi tidak secara detail, dan sebanyak 24 % anak berada pada kategori tinggi, yaitu anak mampu membangun bangunan balok  secara  kompleks  yang  menggambarkan  benda  aslinya  serta  mampu menyebutkan nama bangunan balok secara detail; (2) perkembangan kognitif pada  anak  yaitu  sebanyak 18 %  anak  berada  pada  kategori  sedang,  yaitu anak mengetahui 4-5 warna, mampu mengelompokkan dan mengurutkan benda, mengetahui tiga posisi benda, serta mampu menggambar objek dengan dua bagian detail,  dan  sebanyak 82 %  anak  berada  pada  kategori  tinggi,  yaitu  anak mengetahui semua warna, mengelompokkan dan mengurutkan benda, mengetahui empat posisi benda, mampu menggambar dengan lebih dari tiga bagian detail

Referensi

Arikunto, Suharsimi.1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka Cipta.
Asmawati, Luluk.2015. Pengelolahan Kegiatan Pengembangan Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka
Hair, dkk.2009. multivariate Data Analysis. Sevent.Edition.Person Education. New Jersey. Diakses dari. Hildayani, Rini.2015. Psikologi Perkembangan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Mahyudin, Neni.2015. Dasar –Dasar Pendidikan TK. Tanggerang selatan: Universitas Terbuka.
Musfiroh, Takdiroatun.2015. Bermain dan Permainan Anak. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Suryana, Dadan.2015. Dasar – Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Syaodih, Nana.2007. Metode Peneletian. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Supriyanto, D. (2015) “Madrasah Bermutu Berbasis Manajemen Mutu Terpadu (MMT)”, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1), pp. 70-84. Available at: http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/48
Diterbitkan
2018-04-15
Bentuk Sitasi
Aliyah, S. (2018, April 15). Hubungan Bermain Balok dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di RA Miftahul Ulum Tahun Ajaran 2013/2014. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(1), 31-45. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v1i1.235
Section
Articles