Meningkatkan Perkembangan Sains dan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Outdoor Learning

  • Putri Ismawati STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Perkembangan Sains, Kreativitas, Anak Usia Dini, Outdoor Learning

Abstrak

Studi ini mengangkat penerapan outdoor learning untuk meningkatkan perkembangan sains dan kreativitas anak usia dini khususnya usia 4-6 tahun. Kesenjangan antara kondisi ideal yang diharapkan dengan praktek nyata di lapangan ini di mana outdoor jarang digunakan untuk mengembangkan kemampuan anak menjadi latar belakang penelitian untuk menerapkan outdoor learning sebagai cara untuk mengembangkan kemampuan sains dan kreativitas anak. Hasil dan simpulan pembahasan menyebutkan Lingkungan outdoor merupakan tempat yang sangat menarik untuk anak di mana anak-anak dapat tumbuh dan berkembang. Saat bermain di lingkungan outdoor banyak kemampuan anak yang dapat dikembangkan, misalnya bereksplorasi, tantangan kemampuan motorik kasar dan halus, kemampuan sosial serta kemampuan kognitif dan pengetahuan dasar tentang lingkungan alam. Bermain di lingkungan outdoor anak akan berintreraksi langsung dengan alam dan lingkungan sehingga anak menghasilkan imajinasi-imajinasi yang pada akhirnya menimbulkan gagasan atau ide baru. Gagasan dan ide-ide baru anak bagian dari kreativitas anak dalam bermain

Referensi

Ambrose, Louise and Jen Armstrong. 2009. Early Years Outdoor Learning-“A Toolkit for Developing Early Years Outdoor Provision”. Norfolk County Council.
Bilton, Hellen. 2005. Learning Outdoor “Improving the Quality of Young Children Play Outdoor”. London: David Fulton Publisher.
Colker, Laura J. 2001. The creative Curriculum For Early Childhood. Washington, DC: Teaching Strategies, Inc.
Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Feez, Susan. 2010. Montessori and Early Childhood. London: Sage Publications.
Hurlock, Elizabeth. 2010. Perkembangan Anak Jilid I Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga
Kemdiknas. (2010). Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak TK. Jakarta : Kemdiknas RI.
Kemdiknas. 2010. Kumpulan Pedoman Pembelajaran Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kemdiknas.
Quillan, Mark Mc, dkk. 2007. A Guide to Early Childhood Program Development. England: Connecticut State Departerment of Education.
Mulyani, Yuni & Juliska Gracinia. 2007. Mengembangkan Kemapuan Dasar Berbahasa, SAINS dan Matematika. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas
Prieto, Maria Dolores, dkk. 2006. Creatve Abilities in Early Childhood. Span: Sage Publications Journal.
Rachmawati, Yeni dan Kurniati, Euis. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suharnan. 2011. Kreativitas (Teori dan Pengembangan). Surabaya: Laros.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2005. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta:Univerasitas Terbuka
Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.
Sulistyorini, Binti. 2011. Perkembangan Kognitif dan Kreativitas Anak Usia 0-2 Tahun. Makalah Disajikan dalam Perkuliahan Prodi PG PAUD UNM. Malang September 2011.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed August 24, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup

Suyanto, dkk. 2005. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
The Natinal Association for the Education of Young Children (NAEYC). 2012. Preschool Program Guide. Houston: University of Houston.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivist. Jakarta: Prestasi Pustaka
Yudhistira, Siska Y. M. 2012. Pendidikan Karakter dengan Metode Sentral. Jakarta: Media Pustaka Sentra.
Yulianti, Dwi. 2010. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Indeks
Yus, Anita. 2014. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup
__________. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003) dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
__________. 2013. Virginia’s Foundation Blocks for Early Learning: Comprehensive Standards for Four-Year-Olds. Richmond, Virginia: the Virginia Department of Education.
Diterbitkan
2018-04-15
Bentuk Sitasi
Ismawati, P. (2018, April 15). Meningkatkan Perkembangan Sains dan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Outdoor Learning. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 1(1), 46-62. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v1i1.236
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>