MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN PAPAN PINTAR ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Khairunnisa Khairunnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Emilia Fitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Masganti Sit Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nabilah Araminta Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Kata kunci: kecerdasan logika matematika, alat permainan edukatif, papan pintar

Abstrak

Kecerdasan logika matematika merupakan kemampuan anak dalam mengolah angka dan kemahiran dalam menggunakan logika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika anak usia 5-6 tahun melalui aktivitas berhitung dengan menggunakan media papan pintar. Media ini diharapkan dapat membantu anak-anak dalam memahami konsep-konsep dasar matematika dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru dan orang tua untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan anak. Observasi dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung untuk melihat secara langsung bagaimana anak-anak berinteraksi dengan papan pintar. Dokumentasi digunakan untuk mencatat dan mendokumentasikan setiap perkembangan dan perubahan yang terjadi selama penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan papan pintar sebagai media pembelajaran dapat mengoptimalkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Anak-anak menjadi lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar matematika. Penggunaan papan pintar juga membantu anak-anak untuk memahami konsep matematika dengan lebih baik sesuai dengan tingkat perkembangan mereka. Anak-anak yang terlibat dalam penelitian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berhitung mereka setelah bermain dan belajar dengan papan pintar.

Referensi

Afdhilla, Alfien Baddrin, and Syarizal Agam Mahendra. Mengembangkan Multiple Intelligences Dengan Bermain Pada Anak Usia Dini.‖ JURNAL CARE Children Advisory Research And Education 8, no. 1 (2020): 1–10.
Anggraini, V. (2021). Stimulasi Kecerdasan Logika Matematika Melalui Media Animasi Lagu BerbasisTematik Pada Masa Pandemic Covid-19 Di Kota Bukit Tinggi. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 106.
Ariani, N. K. & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43.
Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252.
Chentiya, C., & Zulminiati, Z. (2021). Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 105–111.
Chentiya, C., & Zulminiati, Z. (2021). Media Papan Pintar Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 105-111.
Familiani, N., & Suyadi, S. (2021). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1 Sampai 10 melalui APE Papan Angka pada Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 5(1), 114-126. 2021.5.1.114-126.
Fitri, Analisa, “Mengenalkan dan Membelajarkan Matematika pada Anak Usia Dini”, Mu’adalah Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol. 1, No. 2, 2013.
Jazariyah, J. (2019). Papan Huruf Flanel: Media Pembelajaran Keaksaran Awal Untuk Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 1.
Maghfi, Ulfah Nabilla, and Suyadi Suyadi. “Meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media papan pintar (smart board).” SELING: Jurnal Program Studi PGRA 6.2 (2020): 157-170.4
Mareta Wahyuni, Irma Yuliantina, dkk., PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. (2015)
Maulida, S., & Kaidaro, U. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Video Animasi Pada Kelompok A Di RA AR Rohmah Pekukuhan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 241-249.
Mirantika, Virda, dkk., “Permainan Papinka untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, Vol. 3, No. 2, 2020.
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12.
Musfirah, L. (2022). Penerapan Metode Read Aloud Dalam Meningkatkan Minat MembacaAnak Usia 5-6 Tahun Di Ra Annur Prima Kecamatan Medan.
Ndari, Susianty Selaras, and Chandrawaty. TELAAH KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Edited by Mirawati. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER, 2018.
Nur, Iyan Rosita Dewi, Tatang Herman, and Rita Mariyana (2018), Logi- cal-Mathematics Intellegence in Early Childhood Students, Internatio- nal Journal of Social Science and Humanity, Vol. 8, No. 4, April 2018.
Nurul Hidayah. (2018) Pengaruh media papan pintar terhadap Kecerdasan Logis Matematika Anak Usia Dini Kelompok A di RA Raden Fatah Podorejo. Tulungagung.
Rohmad, pengembangan instrumen evaluasi dan penelitian, (Yogyakarta: KALIMEDIA,2017).
Rosalina, C. D., & Nugrahani, R. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. Seling:Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 54-63.
Veronica, Nina. “Permainan edukatif dan perkembangan kognitif anak usia dini.” Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini 4.2 (2018): 49-55.
Widayati, S., Simatupang, N. D., Saroinsong, W. P., & Rusdiyanti, A. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun, Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 8.
Yono, Y. S., M, S. Y., & Nurhayati, N. (2021). Pemanfaatan Media Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Amal Pendidikan, 2(1), 55.
Diterbitkan
2024-07-16
Bentuk Sitasi
Khairunnisa, K., Fitri, E., Sit, M., & Araminta, N. (2024, July 16). MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN PAPAN PINTAR ANAK USIA 5-6 TAHUN. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 10(2), 13-20. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v10i2.2449
Section
Articles