IMPLEMENTASI PANDANGAN ABDULLAH NASHIH ULWAN PADA PERKEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI RA DARUSSALAM PENATAAN WINONGAN KABUPATEN PASURUAN
DOI:
https://doi.org/10.29062/seling.v10i2.2455Keywords:
Metode Mendidik Anak, Pandangan Abdullah Nashih Ulwan, Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini, Pendekatan Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Dan MoralAbstract
Abdullah Nashih Ulwan, seorang cendekiawan Islam, menyarankan beberapa metode yang bisa diterapkan orang tua dalam mendidik anaknya, yaitu: mendidik dengan keteladanan, adat kebiasaan, nasihat, pengawasan, dan hukuman. Namun, ia menganggap kelembutan dan kasih sayang lebih utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pandangan Abdullah Nashih Ulwan pada perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Darussalam Penataan Winongan Pasuruan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di RA Darussalam Penataan Winongan. Sumber data primer dalam penleitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru sejumlah 3 orang, dan peserta didik RA Darussalam Penataan sejumlah 30 anak. Sedangkan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mellaui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian data dianalisis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digunakan pendekatan pembelajaran keteladanan, kebiasaan, nasihat, perhatian/pengawasan, dan hukuman. Evaluasi yang digunakan adalah tes sumatif dan formatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi pandangan Abdullah Nashih Ulwan pada perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Darussalam Desa Penataan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan tergolong baik.
References
Arikunto Suharsimi, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Darisman, Dede. "Konsep Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan." Online Thesis 9.2, 2016.
Depdiknas. Kompetensi Guru (2007). Indonesia.
Dewi, R. S. K., & Masrukhin, Pendidikan Karakter Berbasis Seni Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 22-36, 2018.
Dimyati, Johni. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Hildayani, Rini. Psikologi Perkembangan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2015.
Kholiq, Abdul dkk., Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer, (Semarang: Pustaka Pelajar) 53-54, 1999.
Murniati, E., & Kurniawan, A., Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran di Sekolah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 79-92, 2019.
Mutiah, Diana, Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana Perenada Media Group, 2010.
Purba, Erna. (2013). Peningkatan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 4-6 Tahun. PG-PAUD FKIP: Universitas Tanjungpura Pontianak
Putra Nusa dan Ninin Dwilestari, Penelitian Kualitatif PAUD, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Republik Indonesia. Sistem Pendidikan Nasional (2003). Indonesia.
Rohman, Mustofa, Pemikiran Islam Kontemporer, Yogyakarta: Jendela, hal 34, 2003.
Sanjaya, Wina, Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group, hal 59, 2015.
Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Ulwan, A.N., Pendidikan Karakter Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah. Jakarta: Prenada Media, 2016.
Ulwan, A.N., Tarbiyah An-Nas Fi Al-Islam. Beirut: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah, 2014.
Ulwan, AN. "Tarbiyatul Aulad fil Islam", Terj Arif Rahman Hakim dan Abdul Hakim, Pendidikan Anak Dalam Islam, Cet.7, Solo: Insan Kamil, hal xxv, 2016).
Ulwan, AN. Meniti Jalan menuju pembebasan Tanah Palestina, Jakarta: Studio Press, hal 4, 2006.
Ulwan, AN. Pendidikan anak dalam islam, terj. Jamaluddin Miri, Jakarta: Pustaka Amani, 2007.
Wahyuningsih, Wiwit., dan Rachmadiana, Metha., Mengkomunikasian Moral Kepada Anak. Jakarta: Alex Media Komputindo, 2003.
Yani, Muhammad Turhan, dkk., Islam Rahmatan Lil 'Alamin. Surabaya : UNESA Press, 2002.
 
						 
							




