IMPLEMENTASI WORKSHEET DALAM PEMBELAJARAN CALISTUNG DI KELAS MAIN HARMONI
Abstrak
Media worksheet dalam mengenalkan calistung untuk anak usia dini diharapkan mampu memberikan pengalaman belajar yang dapat menarik minat anak untuk mengenal calistung sejak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden atau informan dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, orangtua dan peserta didik dikelas main harmoni. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) kegiatan perencanaan pembelajaran dan keberhasilan rencana pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik di Kelas Main Harmoni; 2) penggunaan dan penerapan worksheet yang diharapkan mampu memberikan stimulasi kognitif, motorik, dan sosial kepada anak usia dini di Kelas Main Harmoni; 3) evaluasi dan penilaian dalam penggunaan worksheet untuk anak usia dini di Kelas Main Harmoni. Dalam pelaksanaan pembelajarannya Kelas Main Harmoni mendesain khusus pelaksanaan kegiatannya yaitu dilaksanakannya dirumah dengan melibatkan peran orangtua peserta didik. Penggunaan worksheet dalam pembelajaran calistung untuk anak usia dini dapat memberikan dampak positif jika dirancang sesuai dengan kebutuhan dan disesuaikan dengan tahap perkembangan mereka. Dalam penerapan worksheet memberikan variasi metode pembelajaran yang melibatkan peran orangtua, sehingga orang tua dapat menginspirasi anak untuk menghargai pentingnya pendidikan. Karena orangtua berperan aktif dalam mendampingi kegiatan belajar anak di rumah.
Referensi
Ananda, K., & Arofi, W. (2019). Development of Children’s Worksheet in Improving Cognitive Development of Children Age 5-6 Years. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 55(4), 524–530. https://doi.org/10.1134/s0514749219040037
Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 924–930. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402
Gusliati, P., Eliza, D., & Hartati, S. (2019). Analisis Video Pembelajaran Share Book Reading Menggunakan Cerita Rakyat Sabai Nan Aluih pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 320. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.176
Halimah, N., & Adiyono. (2022). Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(Februari), 160–167.
Heldanita, H. (2019). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05
Ita, E., Fono, Y. M., Sadha, E., Ngonu, M. R., Bakti, S. C., Terpadu, P., & Bakti, C. (2024). Hal. 754. 2(3), 754–759.
Jaya, M. P. S., Febrianti, V., & Ahmad, S. (2022). Prinsip-Prinsip Montessori dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Ra Shazia Palembang. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 356–370. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.1010
Julianingsih, D., & Isnaini, I. D. (2022). Sosialisasi Belajar Calistung Pada Anak Usia Dini Bersama Orang Tua Hebat. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.110
Kinanti, N. A., & Zulkarnaen. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Baca Tulis melalui Sentra Persiapan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 74–86. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.474
Maulina, I. (2023). Analisis Pengembangan Kepercayaan Diri Anak Melalui Penayangan Video Animasi Di TK Idhata. 07(02), 239–246.
Mei, V. N. (2024). Community Service Journal CEPAT DAN EFEKTIF DI TK TIARA KINDERGARTEN. 3.
Mumtazah, D., & Romah, L. (2019). Implementasi Prinsip-prinsip Montessori dalam Pembelajaran AUD. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.14421/jga.2018.32-03
Muzakki, Mega Utami, Sri Hidayati, & Neela Afifah. (2023). Mengembangkan Media Lembar Kerja Anak Tema Binatang di PAUD Islam Armuna Palangka Raya. PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 6(2), 86–97. https://doi.org/10.37567/prymerly.v6i2.2423
Nafsia, A., & Ngura, E. T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Anak untuk Aspek untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 843–848.
Prodyanatasari, A. (2024). Improvement of Literacy and Numeracy Abilities with Calistung Learning Using Card Media. PUSAKA: Journal of Educational Review, 1, 1–15. https://ejerp.id-sre.org/index.php/pjer/article/view/14%0Ahttps://ejerp.id-sre.org/index.php/pjer/article/download/14/12
Putri, R. A., Mawaddah, S., Bancin, M., & Putri, H. (2023). Peran Penting dan Manfaat Keterlibatan Orang Tua di PAUD: Membangun Pondasi Pendidikan Anak yang Kokoh. Al-Hanif : Jurnal Pendidikan Anak Dan Parenting, 3(1), 42–49.
Rahmawati, A. M., & Rachmah, H. (2022). Penggunaan Lembar Kerja Siswa dalam Proses Pembelajaran di TK X Cihampelas. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 51–57. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.899
Rohimat, R. S., Mulyana, E. H., & Elan, E. (2020). Kebutuhan Dasar Pengembangan Rancangan Lembar Kerja Anak Model Learning Cycle Dengan Pendekatan Saintifik Anak Kelompok B. Jurnal Paud Agapedia, 4(2), 369–379. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30455
Sharma, P., & Kaur, R. (2022). Fun worksheets for preschool learning. Learning Curve. https://publications.azimpremjiuniversity.edu.in/id/eprint/3418%0Ahttps://publications.azimpremjiuniversity.edu.in/3418/1/Pranalee %26 Rima.pdf
ŞİMŞEK, Z. C. (2023). Worksheets Dilemma in Early Childhood Education: Why and How Much Do We Use? International Journal of Educational Research Review, 8(3), 459–474. https://doi.org/10.24331/ijere.1233127
Susanto, Adlan Nawawi, A. (2021). Implementasi Metode Islamic Montessori Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di TK Islamic Montessori Al-Hamidiyah Depok. Statement, 52.
Thahir, M., Rachmaniar, A., & Thahir, W. (2024). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 99–107. https://doi.org/10.30653/001.202481.343
Wulandari, H., & Avivah, D. (2023). Mengenalkan Konsep Calistung yang Menyenangkan untuk Anak Usia Dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 206–216. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i2.1139