PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL COCOMELON TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA DINI USIA 2-3 TAHUN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh media audio visual cocomelon terhadap perkembangan bahasa ekspresif pada anak usia 2-3 tahun di kelas kelompok bermain TK Asy-Syuhada Cilegon-Banten. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data empiris tentang perkembangan bahasa ekspresif melalui media audio visual cocomelon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Ex-post Facto. Populasi menggunakan purposive sampling yaitu sesuai dengan kriteria penelitian yaitu berjumlah 20 anak usia 2-3 tahun di TK Asy-Syuhada Cilegon-Banten. Media Audio Visual Cocomelon memberikan pengaruh sebesar 68,3% terhadap perkembangan bahasa ekspresif. Uji Hipotesis menggunakan Uji t dengan hasil t hitung -6227, yang melebihi nilai t tabel sebesar 1.729 Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negative yang signifikan dari media audio visual cocomelon terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak. Media ini berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak usia 2-3 tahun. Namun, tanda negatif pada t-hitung menunjukkan bahwa hubungan antara penggunaan media Cocomelon dengan perkembangan bahasa ekspresif adalah negatif. Artinya, semakin banyak atau sering anak mengakses media audio visual Cocomelon, semakin terhambat perkembangan bahasa ekspresif mereka. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa media audio visuyal cocomelon memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap perkembangan bahasa ekspresif pada anak usia 2-3 tahun di TK Asy-Syuhada Cilegon-Banten.
Referensi
Anggalia, A., & Karmila, M. (2014). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN MUCA (MOVING MOUTH PUPPET) PADA KELOMPOK A TK KEMALA BHAYANGKARI 01 SEMARANG. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam PAUD, 3. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/509
Anggraini, P. P., Apriliani, N. A., Supeni, I., & Handrianto, C. (2022). The Use of the Cocomelon YouTube Channel as a Medium for Introducing Children’s English Vocabulary. SAGA: Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 3(2), 81–90. https://doi.org/10.21460/SAGA.2022.32.137
Arifin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Character, N. N.-J. of E. C. and, & 2022, undefined. (n.d.). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak di RA Ar-Rahman Yogyakarta. Journal.Walisongo.Ac.Id. Retrieved March 19, 2023, from https://journal.walisongo.ac.id/index.php/joecce/article/view/10683
Hasnida. (2014). Analisa Kebutuhan Anak Usia Dini. PT. Luxima Metro Media.
Hayati, M., & Rahimia, R. (2021a). PEMANFAATAN YOUTUBE CHANNEL COCOMELON SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS ANAK. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 5, 14–26. https://doi.org/10.35896/ijecie.v5i1.178
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. (n.d.).
Kurnia, N. I., & Fitria, Y. J. (2015). Pemanfaatan nursery rhymes sebagai media endidikan karakter bagi anak usia dini. JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN, 8(1). https://doi.org/10.21831/JPIPFIP.V8I1.4926
Neumann, M. M., & Herodotou, C. (2020). Evaluating YouTube videos for young children. Education and Information Technologies, 25(5), 4459–4475. https://doi.org/10.1007/S10639-020-10183-7
Nida, S. M., Khasana, I., & Karmila, M. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Snow Pada Gadget.
Rinanto, A. (1982). Peranan Media Audio Visual. Konisius.
Sadiman, A. S., & dkk. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali Press.
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenadamedia Group.
Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan. Prenada Media Group.
Sianipar, A. P. (2013). Pemanfaatan Youtube di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Komunikasi FLOW, 1–10.
Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. OPAC Perpustakaan Nasional RI. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1069534
Soetjiningsih, H. C. (2014). Perkembangan Anak. Prenada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Susi Maulida, & Umi Kaidaro. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG 1-10 MELALUI VIDEO ANIMASI PADA KELOMPOK A DI RA AR ROHMAH PEKUKUHAN KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 241 –. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.883
Suyadi, & Ulfah, M. (2013). Konsep Dasar PAUD (Nita Nur Muliawati (ed.); 130 Cetakan Ke). PT Remaja Rosdakarya
Syawitri, n. (2022). Pengaruh konten youtube cocomelon terhadap pendidikan anak periode usia golden age (lokasi penelitian pada wilayah jabodetabek). Https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/183028/slug/pengaruh-konten-youtube-cocomelon-terhadap-pendidikan-anak-periode-usia-golden-age-lokasi-penelitian-pada-wilayah-jabodetabek-.html
Syawitri, N., & Nuraeni, R. (2022). Pengaruh Konten Youtube Cocomelon Terhadap Pendidikan Anak Periode Usia Golden Age (Lokasi Penelitian pad Wilayah Jabodetabek). SEIKO: Journal of Management & Business.