PENGARUH PENERAPAN KARTU HURUF HIJAIYAH BERWARNA TERHADAP KEMAMPUAN PRA MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USAI 3-4 TAHUN DI KB INSAN CENDIKIA DRIYOREJO GRESIK
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kartu huruf hijaiyah berwarna terhadap kemampuan pra membaca huruf Al-Qur’an pada anak usia 3-4 tahun di KB Insan Cendikia Driyorejo Gresik . Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Pendekatan peneliti yang digunakan adalah metode eksperimen kuantitatif. Jenis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah one-Group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelompok Bermain (KB) dengan jumlah sepuluh anak. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata yang didapat anak sebelum pembelajaran menggunakan media kartu huruf Hijaiyah berwarna adalah 2,8000 dan nilai sesudah pembelajaran dengan penerapan media kartu huruf Hijaiyah berwarna mendapatkan sebesar 3,7000. Hasil uji paired sample t test didapatkan value 0,001 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis yang menyatakan bahwa ada perbedaan kemampuan pra membaca Al-Qur’an anak antara sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran menggunakan media kartu huruf hijaiyah berwarna. Mengajar dengan menggunakan media katu huruf hijaiyah berwarna dapat meningkatkan kemampuan anak untuk pra membaca Al-Qur’an, menuntaskan tujuan pembelajaran dan menjadikan aktifitas berpikir lebih tinggi bagi siswa. Simpulan, ada pengaruh yang signifikan secara statistik penerapan kartu huruf hijaiyah berwarna terhadap kemampuan pra membaca huruf Al-Qur’an pada anak usia 3-4 tahun di KB Insan Cendikia Driyorejo Gresik.
Referensi
Bante, M., Sukman, S., & Umrah. (2018). Pemahaman Huruf Hijaiyah dengan Menggunakan Media Kartu. AL-FIKR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 11–14.
INDRAWAN, I. (2020). MANAJEMEN PAUD DMIJ PLUS TERINTEGRASI. CV. DOTPLUS Publisher.
Kholis, N., & Astuti, L. (2020). MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF BERWARNA.
Majidah, M., Hasfera, D., & Fadli, M. F. M. (2019). Penggunaan Warna Dalam Disain Interior Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. RISTEKDIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 95–106.
Nurhayati, N., Agusniatih, A., Amrullah, A., & Suwika, I. P. (2021). Pengenalan Huruf Hijaiyyah melalui Media Kartu Gambar pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2183–2191. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1850
Nurtiani, A. T., & Yosa, I. (2021). Implementasi Media Piring Cakra dalam Meningkatkan Pembelajaran Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 13(1), 141–151.
Pudhak Prasetiyorini, “Pengaruh Penerapan Media Kartu Huruf Hijaiyah Berwarna terhadap Kemampuan Membaca Huruf Al-Qur’an,” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 3, no. 2 (August 5, 2020): 103–9, https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1388.
Rini Astuti, “Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Anak Attention Deficit Disorder Melalui Metode Al-Barqy Berbasis Applied Behavior Analysis,” Jurnal Pendidikan Usia Dini 7, no. 2 (2013): 251–66.
Selfi Kusumawati, “Pemanfaatan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Di Sekolah Dasar,” Universitas Negeri Surabaya: Jurnal PGSD 3, no. 02 (2015), https://media.neliti.com/media/publications/254116-pemanfaatan-media-flash-card-untuk-menin-3f66a52d.doc.