Urgensi Pendidikan Islam dalam Peningkatan Kecerdasan Sosial, Emosional Anak

Authors

  • Dewi Masyitoh IKIP PGRI JEMBER
  • Pascalian Hadi Pradana IKIP PGRI JEMBER

DOI:

https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.358

Abstract

Pendidikan islam sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini termasuk perkembangan sosial emosionalnya karena menjadi dasar pembentukan karakter bangsa dan titik awal pembentukan sumber daya manusia berkualitas, berwawasan, cerdas, bertanggung jawab, inovastif, creatif, dan lainnya. Dalam usia golden age ini kita tanamkan pondasi pendidikan islam yang kuat agar kelak menjadi generasi yang beriman taqwa serta kualitas keilmuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membahas pentingnya pendidikan  islam dalam peningkatan kecerdasan sosial, emosional anak. Metode penulisan ini adalah kualitatif pengumpulan data dengan interview mendalam, observasi dan dokumentasi, dengan pendekatan deskriptif dan eksploratif. Hasil penelitian adalah pendidikan islam dapat meningkatkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini misalnya meningkatkan nilai ketauhidan dan keimanan, kepemimpinan,  toleransi, empati, persatuan, kesabaran, peka secara sosial, tidak sombong dan egois dan mampu mengatur emosinya.

References

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda Karya
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar, Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2007
Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Setiawan, A. (2018). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui media pembelajaran matematika di ra ma’arif 1 kota metro. Seling:Jurnal Program Studi PGRA, 4, 181–188.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supriyanto, D. (2017). PENERAPAN METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI KELAS V MI SALAFIYAH SYAFIIYAH KLINTEREJO SOOKO MOJOKERTO. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 181-201. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/773
Undang-undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, Syamsu. 2011.Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
http://id.wikipedia.org/wiki/Sifat-sifat_Allah_%28Islam%29
http://quran-terjemah.org/o

Downloads

Published

2019-01-24

How to Cite

Urgensi Pendidikan Islam dalam Peningkatan Kecerdasan Sosial, Emosional Anak. (2019). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 1-12. https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.358