Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini

  • Citra Dewi Rosalina Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Risma Nugrahani Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang nantinya tercipta sebuah produk berupa media buku Pop Up alphabet. Adapun tujuan jangka panjang dari pengembangan media dalam penelitian ini yaitu terciptanya sebuah produk media buku pop up alphabet yang merupakan pengembangan dari teknik movable book (buku bergerak) dan Lift the flap (Buku buka tutup). Media pada penelitian ini memiliki impact factor yang cukup baik bagi perkembangan media pembelajaran bagi anak usia dini. Khususnya pada kemampuan mengenal huruf alphabet pada anak. Penelitian ini menggunakan Model pengembangan Borg & Gall yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produksi masal. Subjek pada penelitian ini adalah sebanyak 3 lembaga TK kelompok A di Kabupaten Tuban. Sedangkan, objek penelitian adalah kelayakan media buku Pop Up untuk pembelajaran mengenal huruf Alphabet.  Berdasarkan hasil analisis uji kelayakan pada penelitian pengembangan ini, mendapatkan hasil 87,5% untuk validasi ahli materi (sangat layak dengan revisi) dan 95%% untuk validasi ahli media (sangat layak dengan revisi). Sedangkan uji kelayakan pada lembaga TK didapatkan hasil 83,67% yaitu sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media buku Pop Up Alphabet telah layak untuk digunakan sebagai pembelajaran di Taman Kanak Kanak.

Referensi

Anggani, Sudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.
Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Sinar Baru Aglesindo.
Bradley, Karen Sue, dan Bradley, Jack. (2014). “ Using Alphabet Books Across Grade Levels: More Than 26 Opportunities”. Texas Journal of Literacy Education. 2 (01)
Carter, D. A., & Diaz, J. (1999). The Elements of Pop-Up. Santa Monica: Little Simon.
Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakrta: Rineka Cipta.
Chabibah, Rochmatul. 2014. “Perancangan Buku Pop-Up Alfabet untuk Siswa Taman Kanak-Kanak”. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 28 (2) , 96-105
Depdiknas. 2008. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.
Dhieni, Nurbiana. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Divita, Monique Rizki, dan Puspitasari, Dyah Gayatri. 2011. “Perancangan Buku Cerita Anak Pop Up Mari berkebun”. Jurnal Humaniora. 2 (02), 1107-1118
Eliason, Jenkins. 2008. A Practical Guide to Early Childhood Curriculum. Australia: Pearson Merril.
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan Dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Munawir, Yusuf, dkk. 2003. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Surakarta: Tiga Serangkai.
Pramukti, Ingga. 2015. “Pengembangan Media Buku Pop-Up Cita-citaku untuk siswa kelompok B TK Mardi Putera Wonosobo”. Jurnal Teknologi pendidikan UNY.
Ryan, V. 2001. Pop up card mechanism 1, 2 & 3, (Online),(http://www.technologystudent.com/designpro/popup1.html., Diakses 18 juni 2017
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Sartika, Dewi, dkk. 2012. Kreasi Kirigami. Jakarta: Dunia kreasi
Seefeldt, Carol dan Wasik, Barbara. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakrta: Indeks.
Sujiono, Yuliani Nurani, Dkk. 2008. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Uniersitas Terbuka.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriyanto, D. (2015) “Madrasah Bermutu Berbasis Manajemen Mutu Terpadu (MMT)”, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 2(1), pp. 70-84. Available at: http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/48
Supriyanto, D. (2014) “Meningkatkan Proses Pembelajaran melalui Moving Class”, MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 1(1), pp. 1-14. Available at: http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/29
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.
Yusuf. 2003. Motivasi dalam belajar. Jakarta: P2LPTK
Diterbitkan
2019-01-24
Bentuk Sitasi
Rosalina, C., & Nugrahani, R. (2019, January 24). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 5(1), 54-63. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v5i1.362
Section
Articles