Pengaruh Permainan Sunda Manda Geometris terhadap Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Cahaya Qolbi Mojokerto
Abstrak
Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk menguji pengaruh permainan sunda manda geometris terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di Desa Tinggar Buntut Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto, Metode penelitian yang digunakan dalam tujuan penelitian ini adalah Metode Kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah Penelitian Eksperimen, populasi dari penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Cahaya Qolbi Desa Tinggar Buntut Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah sampel sebanyak 15 anak, instrumen pnelitian berupa lembar pengamatan (observasi) yang berbentuk chek list untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif pada anak usai dini KB Cahaya Qolbi melalui permainan sunda manda geometris dan dokumentasi yang berupa foto anak selama mengikuti proses pembelajaran, sedangkan instrument penilaian menggunakan ratting scale yang digunakan untuk data mentah yang berupa angka dan lebih fleksibel untuk mengukur proses kegiatan dalam sebuah pembelajaran dnegan metode observasi kemudian data yang terkumpul dihitung nilai totalnya. Dan hasil penelitian diketahui bahwa Zhitung > Ztabel (3,4 > 0,055) maka hipotesis nihil ditolak. Ini berarti bahwa penerapan permainan snda manda geometris mempunyai pengaruh yang sigtifikan terhadap peningkatan perkembangan kognitif anak 3-4 tahun di KB Cahaya Qolbi Mojokerto.
Referensi
Adi, Banu Setyo. 2014. Permainan Kecil Sunda Manda Sebagai Alternatif Bermain Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Andriani, Zunita. 2013. Peningkatan Pemahaman Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Anak Kelompok B Tk Kklkmd Kuwon Bambanglipuro Bantul. Yogyakarta: FKIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Arifin, Zaenal. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Filosofi, Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendekia.
Copley. 2001. The National Council of Teachers of Mathematics. New York: A Skyligth Press Book.
Depdiknas, 2008. Pendekatan, Jeni dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Direktorat jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Lestari. 2011. Konsep Dasar Matematika untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Ismawati, Putri. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD bermedia Realia terhadap pemahaman konsep geometri pada anak Kelompok B Bojonegoro. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. (Skripsi S1 PGPAUD UNESA).
Ismawati, Putri, 2016. Penggunaan Alat Permainan Edukatif “Puzzle Jam†Terhadap Kemampuan Kognitif “Mengenal Lambang Bilangan†(Artikel SELING: Jurnal Program Studi PGRA|| Volume 2, Nomor 1, Januari 2016.
Kurnia, Oktafiani Dwi. 2015. Permainan Sunda Manda dan Kecerdasan Interpersonal. Yogyakarta: FKIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusaeri. 2014. Metodologi Penelitian. Surabaya: UIN SA Press.
Notoatmojo,Soekidjo.2003.Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta:Rineka Cipta.
Nursih, Bestari. 2014. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Sunda Manda Pda Kelompok B1 TK Arum Puspita. Yogyakarta: FKIP Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudjana, 2000. Metode Statistika. Bandung: Transito.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. 2004. Metode Pengengbangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sukardi. 2016. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Usman,Husaini.2006.Pengantar Statistika.Jakarta:PT Bumi Aksara
Yulianti, Hanik Nanda. 2017. Implentasi Permainan Tradisional Sunda Manda Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Kelompok B1 Di Taman Kanak-Kanak Tut Wuri Handayani Kecamatan Langka Pura Bandar Lampung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.