Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak melalui Permainan Shopping List di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Padang

Authors

  • Aneda Lasri Universitas Negeri Padang
  • Sri Hartati

DOI:

https://doi.org/10.29062/seling.v6i1.622

Keywords:

Keaksaraan Awal, Permainan Shopping List

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia dini melalui permainan shopping list. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak-anak kelompok A (usia 4-5 tahun) Taman Kanak-kanak Negeri Pembina kota Padang Panjang dengan jumlah 15 orang anak, yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada observasi awal nilai rata-rata keaksaraan anak sangat rendah yaitu 10 % dan setelah siklus satu meningkat menjadi 39 % dan siklus dua meningkat lagi menjadi 84 %  yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui permainan shopping list dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia sini

References

Hartati, Sri. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Stimulasi Sensori
Pendengaran Bagi Anak Toddler di TPA/PAUD : Early Childhood Education
Journal of Indonesia

Mursid, M.Ag. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Rakimahwati, R. (2018). PELATIHAN PEMBUATAN BONEKA JARI BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN V KOTO KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN. EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.292
Suryana, D. (2018). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta:
Prenamedia Group
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara
Yulsofriend. (2013). Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Padang:
Suka Bina Press

Downloads

Published

2020-01-27

How to Cite

Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak melalui Permainan Shopping List di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Padang. (2020). SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(1), 78-83. https://doi.org/10.29062/seling.v6i1.622