Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak melalui Permainan Shopping List di Kelompok A Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.29062/seling.v6i1.622Keywords:
Keaksaraan Awal, Permainan Shopping ListAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia dini melalui permainan shopping list. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak-anak kelompok A (usia 4-5 tahun) Taman Kanak-kanak Negeri Pembina kota Padang Panjang dengan jumlah 15 orang anak, yang terdiri dari 5 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada observasi awal nilai rata-rata keaksaraan anak sangat rendah yaitu 10 % dan setelah siklus satu meningkat menjadi 39 % dan siklus dua meningkat lagi menjadi 84 % yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui permainan shopping list dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak usia sini
References
Pendengaran Bagi Anak Toddler di TPA/PAUD : Early Childhood Education
Journal of Indonesia
Mursid, M.Ag. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD, Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Rakimahwati, R. (2018). PELATIHAN PEMBUATAN BONEKA JARI BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI KECAMATAN V KOTO KAMPUNG DALAM KABUPATEN PADANG PARIAMAN. EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.292
Suryana, D. (2018). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta:
Prenamedia Group
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara
Yulsofriend. (2013). Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Padang:
Suka Bina Press
 
						 
							




