Penguatan Karakter Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits

  • M. Mujib Utsmani STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini, Al-Qur’an, Hadits

Abstrak

Di era yang semakin global ini tuntutan adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan berwawasan luas  tidak hanya dalam bidang ilmu pengetahuan umum saja, namun juga harus didasari dengan ahlak yang karimah, sehingga mampu mengandalikan diri dari pengaruh budaya yang serba membolehkan yang mengiringi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Krisis yang melanda Indonesia dewasa ini diindikasikan bukan hanya berdimensi material, akan tetapi juga telah memasuki kawasan moral agama. Hal ini dipicu oleh tidak adanya pengetahuan agama yang kuat. Tujuan utama Pendidikan Islam ialah membentuk akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan orang-orang yang bermoral,  jiwa bersih, kemauan keras, cita-cita yang besar sertaa akhlak yang tinggi, tahu arti kewajiban dan pelaksanaannya, menghormati hak-hak manusia, bisa membedakan baik dan buruk, menghindari perbuatan tercela, dan senantiasa mengingat Allah SWT dalam setiap pekerjaan yang mereka lakukan.  Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya dan juga kita harus berpandangan luas mengenai bagaimana kita sebagai orang dewasa untuk mendidik dalam bersikap dan bertingkah laku kepada anak, karena bahwasanya anak-anak adalah kuncup-kuncup yang akan berkembang dalam kehidupan kita, janji gemilang bagi masa depan, dan penghibur hati kita

Referensi

Afwadzi, B. (2016). Membangun Integrasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Hadis Nabi. Jurnal Living Hadis, 107.
Ali, N. (2008). Kependidikan Islam dalam Perspektif Hadis Nabi. Jurnal Penelitian Agama, 117.
Hartini, N. (2011). Metodologi Pendidikan Anak dalam Pandangan Islam. Ta'lim, 39-40.
Johnasyah. (2011). Pendidikan Karakter Dalam Islam (Kajian dari Aspek Metodologis). Jurnal Ilmiah Islam Futura, 86.
Abdullah Yatimin. (2002). Studi Akhlak Dalam Prespektif Al-Quran. Jakarta: Amzah.
Akbar, s. (2010). Model Pembelajar Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kehidupan di Sekolah Dasar. Malang.
Syahidin, (2009). Menelusuri Metode Pendidikan dalam al-Qur’an. Bandung: Alfabeta
Bagus Mustakim, (2011) Pendidikan Karakter: Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat, Yogyakarta: Samudra Biru.
Sri Narwanti, (2011) Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Familia.
Diterbitkan
2021-01-30
Bentuk Sitasi
Utsmani, M. M. (2021, January 30). Penguatan Karakter Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 54-64. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.732
Section
Articles