Pesona Pembelajaran Bermuatan SELAMET pada Peningkatan HOST Anak Usia Dini

  • Luluk Rochanah STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Pembelajaran, SELAMET, HOTS, Anak Usia Dini

Abstrak

Proses pembelajaran yang diberikan pada usia ini harus memperhatikan HOTS ( Higher, Order, Thingking, Skill )  disetiap tahap perkembangannya. dengan  melaksanakan dan mengimplementasikan pembelajaran bermuatan SELAMET (Sains, Engineering, Literacy, Art, Mathematics, Technology ) dilembaga yang diemban, pendidik harus  paham tentang model pembelajaran ini agar anak memiliki  kemampuan HOTS dalam menyonsong era pendidikan abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berdasarkan perspektif fenomenologis, dengan tehnik wanwancara, observasi, dokumentasi.  Penelitian ini bertujuan mengamati dan memahami  Pembelajaran HOTS yang menyenangkan anak dengan   menggunakan  pembelajaran bermuatan SELAMET melalui  mengenali, mengingat informasi  dan fakta, memahami informasi, melakukan fakta, menganalisis, mengevaluasi.  Pembelajaran bermuatan SELAMET yang memiliki unsur kreativitas, kritis, komunikasi, kerjasama merupakan salah satu model yang dapat meningkatkan HOTS anak usia dini.

Referensi

Ahmad Susanto, 2011. Perkembangan anak usia dini prngantar dalam berbagai aspeknya.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dodge, Diane Trister and Laura J Colker, 2001. The creative curriculum for early childhood. Woshington DC. Teaching Strategis.Inc

https://theurbanmama.com/articles/steam-sistem-pendidikan-masa-kini-T03289.html Diunduh 10 Okober 2019

https://nasional.sindonews.com/read/1362986/144/kemendikbud-rumuskan-Pembelajaran-steam-di-sekolah-1544845949, diunduh 17 Oktober 2019

https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/Obz9G1eN-membentuk-ilmuwan-cilik-dengan-pengajaran-steam diunduh sabtu 21 Nopember 2019

Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Kementrian Pendidikan dan kebudayaan direktorat jendral pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, 2016. Bahan kebijakan pembinaan PAUD

Muhamad Imaduddin. (2017), Mendesain ulang pembelajaran sains anak usia dini yang konstruktif melalui STEAM Project- based learning yang bernuansa islami, Proceedings ANCOMS 2017 1st Annual Conference for Muslim Scholars, Kopertais Wilayah IV Surabaya.

Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity.
Quigley, C. F., & Herro, D. (2016). “Finding the Joy in the Unknown”: Implementation of STEAM Teaching Practices in Middle School Science and Math Classrooms. Journal of Science Education and Technology. https://doi.org/10.1007/s10956-016-9602-z

Seidel, S., Tishman, S., Winner, E., Hetland, L., & Palmer, P. (2009). The qualities of quality: Understanding excellence in arts education. Cambridge: MA: Project Zero, Harvard

Siti Wahyuningsih, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Ruli Hafidah, dkk. Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.305 Volume 4 Issue 1 (2020) Pages 295-301 , ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-132

Siantajani, Y. (2018). Playing with loose parts. Modul (tidak diterbitkan).

Sochacka, N. W., Guyotte, K. W., & Walther, J. (2016). Learning together: A collaborative autoethnographic exploration of STEAM (STEM + the arts) education. Journal of Engineering Education, 105(1), 15–42. https://doi.org/doi:10.1002/jee.20112
Diterbitkan
2021-01-30
Bentuk Sitasi
Rochanah, L. (2021, January 30). Pesona Pembelajaran Bermuatan SELAMET pada Peningkatan HOST Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 102-114. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i1.737
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)