Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4 – 6 Tahun Menggunakan Media Boneka Tangan di RA Al Andalus Mojokerto
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A RA Al Andalus tahun pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan media boneka tangan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang didasarkan atas hasil refleksi dari siklus sebelumnya. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di RA Al Andalus tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dapat ditarik simpulan bahwa kemampuan berbicara di kelompok A RA Al Andalus dapat ditingkatkan dengan media boneka tangan, terjadi peningkatan berbicara pada anak kelompok A RA Al Andalus. Setelah dilaksanakannya pembelajaran Media Boneka Tangan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan di atas, ternyata hipotesis yang telah dirumuskan terbukti kebenarannya artinya ternyata pembelajaran melalui media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok A RA Al Andalus tahun pelajaran 2019/2020.
Referensi
Cucu Eliyawati. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Ernawulan Syaodih. (2005). Bimbingan di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi
Heinich, M. & Russell, S. (2005). Media Pembelajaran. (Alih bahasa: Sayogyo). Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Maimunah Hasan. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbiat Diva Press.
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor58 tahun 2009. Diakses dari http://www.paudni.kemdikbud.go.id/wpcontent/uploads/2012/08/permen_58_2009-ttg-standar-PAUD.pdf pada tanggal 04 Januari 2014 jam 13.00 WIB.
Nurbiana Dhieni, Lara Fridani, Gusti Yarmi, & Nany Kusniaty. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ngalim Purwanto. (2008). Metode Penelitian Kuantatif. (Cetakan 1)
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rita Kurnia. (2009). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jakarta: Cendekia Insani.
Slamet Suyanto. (2005a). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia DIni. Yogyakarta: Hikayat.
Slamet Suyanto. (2005). Dasar-dasar untuk Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono,& Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.