Pengembangan Media Koptar Calista untuk Menstimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun

  • Novia Intan Krismawati Universitas Negeri Malang
  • I Wayan Sutama Universitas Negeri Malang
  • Wuri Astuti Universitas Negeri Malang
Kata kunci: Pengembangan, Media KOPTAR CALISTA, Pembelajaran Bahasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media KOPTAR CALISTA yang efektif, efisien, menarik untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun serta menghasilkan buku panduan penggunaannya. Hal ini dikarenakan penggunaan media pembelajaran untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun kurang optimal di beberapa lembaga PAUD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dann pengembangan ADDIE  yang dikembangkan oleh Reiser-Mollend, terdirii dari lima tahapan, yaitu: 1) analisis, 2) perencanaan, 3) pengembangan, 4) implementasi, dan 5) evaluasi. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan kuisioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yangg digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil uji kelayakan media diperoleh persentase rata-rata 93,2% oleh ahli bahasa dan ahli media. Hasil uji coba kelompok kecill diperoleh persentase rata-rata 94,5% dan hasil uji coba kelompok besarr diperoleh persentase rata-rata 96,6%. Apabila dilihat pada tabel kriteria kelayakan, media KOPTAR CALISTA termasuk dalam kriteria efektif, efisien, dan menarik sehingga dapat digunakan untuk menstimulasii kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun. Bagi pengembang selanjutnya diharapkan menyempurnakan produk yang dihasilkan baik dari kriteria isi materi, bahan, kegiatan main, dan aspek perkembangan.

Referensi

Aisyah, E. N. (2017). Pegenalan Bahasa Asing Anak Usia Dini. FIP Universitas Negeri Malang.
Akbar, S. (2013). Instrumen Peragkat Pembelajaran (A. Holid, Ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013. PT PPrestasi Pustakarya.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Deiniatur, M. (2017). Pembelajaran Bahasa pada Anak Usia Dini melalui Cerita Bergambar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 190–208. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.882
Fadhilah, M. (2017). Bermain & Permainan (Pertama). PT Fajar Interpratama Mandiri.
Hamalik. (2005). Keterampilan Dasar Mengajar. Fakultas Tarbiyah.
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177–184. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929
Hartanto, W. (2016). Inovasi Media Pembelajaran Mobile Learning (M-Learning): Implementasi, Efisiensi, Efektifitas, dan Daya Tarik. 7.
Iffah, N. (2014). Pengembangan alat permainan edukatif (ape) untuk meningkatkan keterampilan motorik dan intelegensi anak tk. 2, 164–182.
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62–69.
Khoiria. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Roda Putar untuk Mengenal Huruf Vocal pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-Kanak. Undergraduate Thesis, Sriwijaya University. http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/38988
Kustiawan, U. (2013). Sumber dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. FIP Universitas Negeri Malang.
Mansur. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Pustaka Pelajar.
Mutiyah, A. (2020). Pengaruh Media Gambar Seri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di PAUD Antrasita Lawang Kidul. Pernik : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4089
Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. A. N. (2017). PERMENDIKBUD No. 146.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. (n.d.).
Purnamasari, I. (2020). Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD melalui Pembelajaran STEAM. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 506–516.
Purwati, E. N. W. (2016). Pengembangan Media Kotak Pintar untuk Pengenalan Huruf dan Angka Anak USia 4-5 tahun.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Safitri, D., Afifulloh, M., & Anggraheni, I. (2019). Penggunaan Media Busy Book untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B1 di RA Panglima Sudirman Sumbersekar Dau Malang. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–56.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. PT. Erlangga.
Sutama, I. W. (2021). Pengembangan E-Modul “Bagaimana Merancang Dan Melaksanakan Pembelajaran Untuk Memicu Hots Anak Usia Dinimelalui Open Ended Play” Berbasis Ncesoft Flip Book Makeri. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 91–101.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.
Diterbitkan
2021-07-14
Bentuk Sitasi
Krismawati, N., Sutama, I., & Astuti, W. (2021, July 14). Pengembangan Media Koptar Calista untuk Menstimulasi Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(2), 205-217. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i2.853
Section
Articles