Pengaruh Komunikasi Non-Verbal Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Darul Hikmah Kota Padang

  • Desrita Hendra Reni STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Citra Imelda Usman STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Wira Solina STKIP PGRI Sumatera Barat
Kata kunci: Komunikasi Non-Verbal, Bahasa Anak, Orangtua

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya orang tua yang tidak memberikan jempol kepada anaknya ketika anaknya mendapat nilai bagus, adanya orang tua tidak senyum kepada anaknya ketika menjemput anaknya pulang sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan komunikasi nonverbal orangtua peserta didik. 2) Mendeskripsikan perkembangan bahasa peserta didik. 3) Menguji seberapa besar pengaruh komunikasi nonverbal orangtua  terhadap perkembangan bahasa peserta didik.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif analisis regresi linear sederhana. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling yaitu sebanyak 35 orang. Data penelitian diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan teknik persentase dan regresi linear sederhana.

Hasil penelitian ini tentang pengaruh komunikasi nonverbal orang tua terhadap perkembangan bahasa anak di TK Darul Hikmah  kota padang menunjukkan: 1) Komunikasi nonverbal orangtua peserta didik berada pada kategori sangat baik. 2) perkembangan bahasa peserta didik berada pada kategori sangat baik. 3) Komunikasi nonverbal orangtua berpengaruh terhadap perkembangan bahasa peserta didik di seberapa besar pengaruh komunikasi nonverbal orangtua  terhadap perkembangan bahasa peserta didik di TK darul Hikmah kota padang sebesar 45%. Artinya 55% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini direkomendasikan kepada orang tua untuk dapat lebih memperhatikan lagi perkembangan bahasa  anak dan memberikan perhatian serta komunikasi nonverbal  kepada anak, agar komunikasi nonverbal  ini dapat menjadi sumber kekuatan bagi anak untuk perkembangan Bahasa  yang dimiliki oleh anak.

Referensi

Bahri, S. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga.Jakarta : Rineka Cipta
Harapan, E. 2014.Komunikasi AntarPribadi. Jakarta : Rajawali Press
Liliweri, A. 2011.Komunikasi Serba Ada Serba Makna.Jakarta : Kencana.
Machado, H. 2005. Student Teaching Early Childdood Practicum Guild. New York: Thomson Derman Learnig.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Suyono. 2015. Analisis Regresi Untuk Penelitian. Yogyakarta: Budi Utama
Zubaidah, E. (2004). Perkembangan bahasa anak usia dini dan teknik pengembangan di sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).
Suhartono. 2005. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini.Jakarta : Depdiknas
Prawitasari, J. E. (1995). Mengenal emosi melalui komunikasi nonverbal. Buletin Psikologi, 3(1), 27-43.
Kusumawati, T. I. (2019). Komunikasi verbal dan nonverbal. AL-IRSYAD, 6(2).
Lian & Dian E. 2017. Urgensi Perkembangan Bahasa Verbal dan Non Verbal Anak Usia Dini. Yogyakarta.Jurnal komunikasi.Volume 2. Hal 245-256
Diterbitkan
2021-07-14
Bentuk Sitasi
Reni, D., Usman, C., & Solina, W. (2021, July 14). Pengaruh Komunikasi Non-Verbal Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak di TK Darul Hikmah Kota Padang. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(2), 226-235. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v7i2.908
Section
Articles