Efektivitas Kurikulum 13 dalam Proses Pembelajaran PAI di SD Negeri 060851

Authors

  • Neliwati Neliwati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Putri Azida Manurung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Laila Parhani Hasibuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Nuhdin Nuhdin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v10i3.1443

Abstract

Kurikulum 2013 adalah suatu kumpulan perangkat pelajaran serta program pendidikan yang bertujuan untuk melahirkan generasi emas bangsa Indonesia. Pada Kurikulum 2013 ini, terdapat sebuah agenda yang menitik beratkan peserta didik alias siswa untuk lebih banyak menerapkan pembelajaran observasi, menggunakan alar, aktif bertanya, serta menunjuk segala hal yang diperoleh dari materi yang telah disampaikan oleh Guru. Tidak seperti kurikulum sebelumnya, Kurikulum ini mempunyai 3 aspek utama, diantaranya mampu melahirkan peserta didik dengan akhlak yang mulia (afektif), mempunyai keterampilan (psikomotorik), dan mempunyai pengetahuan yang irasional (kognitif).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Undang-undang sistem pendidikan nasional (UU sisdiknas) nomor 20 tahun 2013
Ara Hidayat dan Imam Machali, pengelolaan pendidikan konsep, prinsip dan implikasi dalam mengelola sekolah dan madrasah, (Yogyakarta: kaukaba, 2012) hal 39.
Faridah Awaliyah, kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013, (Agustus 2014) vol 6, nomor 15, hal 10.
Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (permendikbud) nomor 160 tahun 2014 tentang pemberlakuan kurikulum tahun 2006 dan kurikulum 2013.
Rahmat Raharjo Syatibi, pengembangan dan inovasi kurikulum, (Yogyakarta: Azza Grafika, 2013) hal 17.

Downloads

Published

26-09-2023

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Efektivitas Kurikulum 13 Dalam Proses Pembelajaran PAI Di SD Negeri 060851”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 3 (September 26, 2023): 153–156. Accessed November 4, 2025. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1443.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>