Religiusitas dan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.69896/modeling.v9i3.1590Keywords:
Prestasi Belajar, ReligiusitasAbstract
Agama merupakan faktor utama dan paling utama karena merupakan penggerak kehidupan seseorang. Religiusitas juga harus mempengaruhi keberhasilan belajar. Penelitian ini akan dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negri Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif untuk meneliti masalah penelitian dengan jumlah siswa sebanyak 45 siswa dari 82 siswa kelas XI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara religiusitas Islam dengan kinerja siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo, namun hubungan tersebut sangat rendah dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,083. Setelah dilakukan uji regresi, ternyata religiusitas Islam tidak dapat dijadikan analisa naik turunnya keberhasilan belajar siswa MAN.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2010. Validitas dan Reliabilitas Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daradjat, Zakiyah. 1982. Peranan Agama dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Gunung Agung.
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.
Departeman Agama RI. 2002. Al-Qur’an dan Tafsirnya Jilid V. Jakarta: Departeman Agama RI.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Kamus Besar Bahasa Indonesia, cetakan IV. Jakarta: Balai Pustaka.
Dimiyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBMSPSS-19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Idrus, Muhammad. 2012. Metode Penelitian Ilmu Sosial, Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. (Jakarta: Erlangga
Mujib, Abdul. 1999. Fitrah dan Kepribadian Islam, Sebuah Pendekatan Psikologis. Jakarta: Darul Falah
Mulyasa, Enco. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Roda Karya
Nashori, Fuad dan Mucharam, Rachmi Diana 2002. Mengembangkan Kreativitas dalam Perspektif Psikologi Islami. Yogyakarta: Menara Kudus Jogja.
Natsir, Nanat Fatah. 1999. Etos Kerja Wirausahawan Muslim. Bandung: Gunung Djati Press.
Rajab, Ibnu. 2006. Panduan Ilmu dan Hikmah, Syarah Lengkap Al-Arba’in An-Nawawi. Jakarta: Darul Falah.
Ramdhani, Neila. 2012. Menjadi Guru Inspiratif, Aplikasi Ilmu Psikologi Positif dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: Titian Foundation.
Riyono, Bagus. 2013. Motivasi dengan Perspektif Psikologi Islam. Yogyakarta: Quality Publishing.
Purwanto. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Sutipyo R. 2012. Peran Religiusitas Islami Terhadap Pemaafan Pada Remaja dengan Mediasi Kesejahteraan Subyektif (Subjective Well Being) Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri III Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: UAD.
Sutipyo R. Pengaruh Religiusitas Islami terhadap Pemaafan pada Remaja. Jurnal Al-Misbah, STIT Muh. Wates. Volume I, No. 1, Tahun 2013, hlm. 61-89.
Suryabrata, Sumadi. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Winkel W.S. 2012. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
 
						 
							








