Peningkatan Kompetensi Sosial Emosi dalam Pembelajaran Tematik

  • Wiwin Luqna Hunaida UIN Sunan Ampel Surabaya
Kata kunci: Kompetensi Emosional dan Sosial, Pembelajaran Tematik

Abstrak

Penilaian kompetensi sikap sosial dan emosi dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang disusun sebagai alat mengukur nilai-nilai atau pandangan hidup yang diperoleh peserta didik sebagai hasil suatu program pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap. Kegunaan utama penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secara individual.

Berangkat dari latar belakang di depan, kurikulum 2013 pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sidoarjo sudah diimplementasikan sejak tahun ajaran 2014/2015. Sehingga pengembangan kompetensi sosial dan emosi dalam pembelajaran tematik MI Thoriqussalam Kabupaten Sidoarjo menarik untuk diteliti dan dapat dijadikan salah satu alternatif bagi pengembangan Madrasah Ibtidaiyah lainnya. Sehingga proses dan model yang dikembangkan oleh Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Sidoarjo dapat dipublikasikan.

Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan (1) Guru merencanakan pembelajaran tematik dengan merumuskan kompetensi Emosional  dan kompetensi sosial dengan merencanakan daftar kegiatan yang harus dilakukan siswa selama di kelas dan di luar kelas sesuai dengan tema pembelajaran. (2) Guru melakukan penanaman moral kepada siswa melalui pembiasaan yang sudah direncanakan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. (3) Guru melakukan pengevaluasian pembelajaran melalui penilaian individu dan teman sejawat. (4) Kekuatan perencanaan pemebelajaran dan perumusan kompetensi emosional dan kompetensi sosial menjadikan pelaksanaan pembelajran yang dinamis dan sesuai dengan tahap-tahap pembelajaran. Kelemahan pada pelaksanaan yang kurang dikondisikan dari penilaian terhadap individu yakni memiliki penilaian subyektif terhadap siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Amri, et al. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajarannya. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Aqib, Zainal. Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bandung: Yrama Widya, 2009.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.
__________. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
BSNP. (2007). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.Dawud. Perspektif Pembelajaran Pembelajaran tematik. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang, 2008.
Depdiknas. (2007). Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Iskandar. Metodologi Penelitian Kualitatif: Aplikasi untuk Penelitian Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Manajemen, Sosial, Humaniora, Politik, Agama, dan Filsafat. Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.
Fathurrohman, et al. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Ghozi, A. (2010). Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Makalah disampaikan pada Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Dasar Guru Bahasa Perancis Tanggal 24 Okober s.d 6 November 2010, hlm.26.
Iskandarwassid. dan Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Kusrahmadi, S, D. (2007). Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Anak Sekolah Dasar. Dinamika Pendidikan No. 1/ Th. XIV/ Mei 2007.
Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Moloeng, Lexy J. Metodologi penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1993.
Moloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.
Muhaimin, Sutiah, dan Sugeng Listyo Prabowo. Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Mulyasa, Enco. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.
Muslih, Masnur. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
M. Dahlan, Y. Al-Barry. Kamus Induk Istilah Ilmiah. Surabaya: Target Press, 2003.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2007.
Satori, Djam’an. dan Aan Komariah. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2009.
Soekoto, Isma B., Darisman, Muh., dan Adenita. Pembelajaran tematik 5. Bogor: Yudistira, 2007.
Sujana, Nana. dan Ibrahim. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
_______. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2009.
Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004.
Suyatno. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Penerbit SIC, 2004.

Syukri, Fatah. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail Media Group, 2008.
Tarigan, Henry Guntur. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa, 2008.
Tilaar. (2012). Memantapkan Karakter Bangsa. Makalah disampaikan dalam Konverensi Nasional Pendidikan Indonesia Ke-VII Tanggal 1 November di UNY. Yogyakarta, hlm.89.
UNESCO. Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan: Kurikulum untuk SEkolah dan Program Pengembangan Guru. Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.
Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Wirjokusumo, Iskandar. dan Soemardji Ansori. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu-Ilmu Sosial Humaniora (Suatu Pengantar), Surabaya: Unesa University Press, 2009.
Yani, A. (2013). Mindset Kurikulum 2013. Bandung: Alfabeta.
Zaini, Hisyam, Munthe, Bermawy, dan Sekar Ayu Aryani. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Intan Madani, 2008.
Diterbitkan
2020-03-31
Bentuk Sitasi
Hunaida, Wiwin. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 7, no. 1 (March 31, 2020): 71-85. Accessed September 29, 2020. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/641.
Section
Articles