Studi Korelasi Ilmu Jiwa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Sudirman Sudirman IAI AL Khoziny Buduran SIdoarjo
Kata kunci: Ilmu Jiwa Agama, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Ilmu jiwa, atau yang lazim disebut dengan psikologi yang membahas aspek pembelajaran disebut dengan psikologi pembelajaran. Psikologi wajib dipelajari dan dipahami oleh setiap pendidik. Hal ini dikarenakan setiap sisi pembelajaran selalu bersentuhan dengan kondisi kejiwaan siswa, hubungan antara guru dan siswa terdapat sikap emosional di dalamnya. Dan yang menjadi peranan penting dalam ilmu jiwa tersebut yaitu, sebagai alat dalam memahami siswa sebagai pelajar, yang meliputi perkembangan, tabiat, kemampuan, kecerdasan, motivasi, minat, fisik, pengalaman, serta kepribadian. Ruang linngkup atau kedudukan ilmu jiwa Agama dengan psikologi pendidikan agama Islam adalah sama, hanya saja psikologi agama Islam cakupannya berbasis keIslaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Tohirin. 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakatra: Raja Grafindo Persada
Muhamad Syarif Sumantri. 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktek di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakatra: Raja Grafindo Persada
Winkel. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Mulyasa. 2015. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
Alamsyah Said dan Andi Budiman Jaya. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences. Jakarta: Prenadamedia Group
Hamalik. 1992. Psikologi belajar dan mengajar. Bandung: Sinar Baru
Hamzah B. Uno. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakatra: Bumi Aksara
Syah, M. 1996. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Diterbitkan
2023-09-30
Bentuk Sitasi
Sudirman, Sudirman. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10, no. 3 (September 30, 2023): 770-778. Accessed May 18, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2117.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>