Penerapan Metode Make A Match pada Pelajaran Fikih Materi Menyebutkan Rukun Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas 1A MI Babatan Jati Sidoarjo

  • Maria Ulfah universitas muhammadiyah sidoarjo
  • Nur Maslikhatun Nisak universitas muhammadiyah sidoarjo
Kata kunci: Make a Match, Hasil belajar, Pelajaran Fikih

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan metode Make a Match dalam proses pembelajaran fikih. Khususnya dalam menyajikan materi mengenai rukun Islam, dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1A di MI Babatan Jati Sidoarjo. Metode Make a Match diterapkan sebagai alat bantu untuk membantu siswa dalam mengingat dan memahami materi dengan menggabungkan konsep- konsep yang saling terkait.

Berdasarkan hasil observasi, terlihat bahwa banyak siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 75. Oleh karena itu, penerapan metode Make a Match pada pelajaran fikih, khususnya materi mengenai rukun Islam, dianggap sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar di kelas 1A MI Babatan Jati Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan PTK /Penelitian Tindakan Kelas. (Action research) yang terdiri dari dua siklus.

Setiap siklus melibatkan empat tahap kegiatan, yaitu 1) perencanakan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi, 4) refleksi

Hasil siklus1 menunjukkan bahwa nilai rata- rata hasil belajar siswa mencapai 80.6%, dengan 9 siswa yang belum mencapai ketuntasan. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 88,2 % dan seluruh siswa kelas 1A MI Babatan Jati Sidoarjo berhasil mencapai atau melebihi nilai KKM (≥75).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui uji pre-tes dan post-tes, serta observasi terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Make a Match dalam pembelajaran fikih efektif meningkatkan hasil belajar siswa, kelas 1A MI Babatan Jati Sidoarjo.

Kesimpulan-nya, metode Make a Match, dapat dianggap sebagai metode yang layak diterapkan dalam pembelajaran fikih, ditingkat pendidikan dasar untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Dede, D. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. GHAITSA: Islamic Education.
Fikar, J., Tahir, M., & Nurhayati. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Make a Match dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Pada siswa. Jurnal AS-SAID, 2(1), 176–188.
Fikar, J., Tahir, M., & Nurhayati. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Make a Match dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Pada siswa. Jurnal AS-SAID, 2(1), 176–188.
Fuad, Z. (2018). PENGGUNAANMETODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK Zainul. Pgmi, 1(1), 46–59.
Hasil, M., & Siswa, B. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sd. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19–24.
Mursyidawati. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Asmaul Husna Kelas 5 di MI Hidayatullah Martapura. Journal of Instructional and Development Researches, 1(2), 75–89.
NM Nisak, MBUB Arifin, EF Fahyuni, I. R. (2021). The Development of comic formatted fiqihtexbook for Islamic Elementary School. Journal Of Education Studies 8 (1), 8(1).
Purwati, R. P. (2020). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan Discovery Learning Menggunakan Google Classroom. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 4(1), 202.
Sabatini, G., Mahulae, S., Anzelina, D., & Silaban, P. J. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 47.
Sari, R. D. K., & Arifin, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Kraton pada Tema 6. MODELING: Jurnal Program …, 9, 281–291.
Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186.
Yuafian, R., & Astuti, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(1), 17–24.
Diterbitkan
2024-03-31
Bentuk Sitasi
Ulfah, Maria, and Nur Nisak. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (March 31, 2024): 156-167. Accessed May 28, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2131.
Section
Articles