Pembentukan Akhlak melalui Pembelajaran Aqidah Akhlak di MI Ma'arif Pagerwojo

  • Qonitatul Afifah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nur Maslikhatun Nisak Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Kata kunci: Pembelajaran aqidah akhlak, Siswa, Pembentukkan akhlak

Abstrak

Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan aspek penting dalam proses pembentukan akhlak siswa di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Pembelajaran aqidah akhlak di kelas 4 MI memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk sikap, perilaku, dan moral siswa. Pembelajaran aqidah akhlak di kelas 4 MI memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk sikap, perilaku, dan moral siswa. Hal tersebut yang menginspirasi peneliti dalam menentukan tujuan dari penelitiannya yaitu, untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran aqidah akhlak kelas 4 MI Ma’arif Pagerwojo, serta menggali dan menghitung seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dengan adanya pembelajaran aqidah akhlak dalam pembentukan akhlak siswa di kelas 4 ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan diperoleh melalui penyebaran kuesioner di kelas 4D dan guru aqidah akhlak MI Ma’arif Pagerwojo, serta melalui rangkaian observasi dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti sebagai data pendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Banna, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 37. https://doi.org/10.14421/jpdi.2017.0902-04
Bukhoriansyah, O. (2017). PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK MTs ITTIHAD NGAMBUR KECAMATAN NGAMBUR KABUPATEN PESISIR BARAT Skripsi. 1–14.
Fardani, D. N. (2019). Pembelajaran Aqidah Akhlak Dengan Strategi Inkuiri Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Muhammadiyah Turus Kabupaten Klaten. Inventa, 3(1), 87–95. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1810
Karimatul Maulidah, I. (2022). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS VII DI MTS SURYA BUANA KOTA MALANG. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.
Khotimah, H., & Maslikhatun Nisak, N. (2023). Analisis Kesulitan Menghafal Al Qur’an pada Siswa dalam Program Tahfidz Camp di SD Muhammadiyah 1 Sedai, kabupaten Sidoarjo.
Klaseman, M., & Tahun, S. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KLASEMAN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2021/202.
Muhammad Irfan Fadillah, Santi Lisnawati, K. N. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PENERAPAN NILAI-NILAI TAUHID DALAM KEHIDUPAN SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 3 BOGOR. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(Juni), 11–22.
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1). https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://think-asia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
Nisak, N. M. (2020). Buku Ajar Aqidah Akhlaq. In Buku Ajar Mata Kuliah Metalurgi. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-90-2
Nopiantika, H. (2022). Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas IV SDN 01 Kabawetan. 2, 263–272.
Prabowo, E. (2019). Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pencenagahan Kenakalan Anak Usia Dasar. Journal TA’LIMUNA, 8(1), 59. https://doi.org/10.32478/talimuna.v1i1.244
Rosidah, R., Akil, A., & Mustofa, T. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 9(2), 287–290. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v9i2.6755
Sahir Hafni, S. (2022). Buku ini di tulis oleh Dosen Universitas Medan Area Hak Cipta di Lindungi oleh Undang-Undang Telah di Deposit ke Repository UMA pada tanggal 27 Januari 2022.
Septiana, N. (2022). Pembentukan Karakter Religius Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Menggunakan Model Pembelajaran Direct Interaction. EBTIDA’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 130–136.
Sugiyono, 2020. (2020). METODE PENELITIAN Metode. 33–49.
Trimulatsih, M., & Elisabet. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merk, dan Kualitas Produk Terhadap Keutusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Manajemen Pemasaran, 9, 22–34.
Yuni Agustina. (2021). Implementasi Program Tahfidz Al qur’an dalam Membentuk Kebiasaan Membaca Al qur’an. Tesis, 1–121.
Zelika Putri, Elma Nurunnisaa, Vina Defira Firman, Jasmine Nabila Indra Putri, Syafira Ruhil Addien Fattah, A. R. (2021). Mengatasi Problematika Penurunan Kualitas Aqidah Dan Akhlak Pada Remaja: Webinar Islamic Wisdom Dalam Pencarian Jati Diri Pada Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 67–70.
Diterbitkan
2024-03-31
Bentuk Sitasi
Afifah, Qonitatul, and Nur Nisak. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (March 31, 2024): 142-155. Accessed May 29, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2138.
Section
Articles