Strategi Komunikasi Guru melalui Penggunaan Media Digital di SMP Tamansiswa Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun

  • Nuraisyah Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Nur Azizah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Ridho Khairul Azizi Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Rubino Rubino Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Mesiono Mesiono Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Kata kunci: Strategi, Komunikasi, Media digital

Abstrak

Artikel ini mengulas peran strategi komunikasi guru melalui penggunaan media digital di SMP Tamansiswa Kecamatan Ujung Padang sehubungan dengan meningkatnya penggunaan ponsel di Indonesia. Dengan populasi yang terlibat dalam teknologi, pendekatan komunikasi guru melalui media digital menjadi krusial dalam mendukung interaksi, pendidikan, dan pembelajaran di lingkungan sekolah. Media digital seperti presentasi multimedia, video pembelajaran, aplikasi daring, dan media sosial internal digunakan oleh guru sebagai alat untuk memfasilitasi kolaborasi, pertukaran informasi, dan penyampaian materi pelajaran. Meskipun demikian, tantangan seperti overload informasi, keterbatasan pemanfaatan teknologi, dan risiko kesalahan komunikasi memerlukan perhatian khusus dalam mengoptimalkan strategi ini di lingkungan pendidikan. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana strategi komunikasi melalui media digital memengaruhi pendidikan di SMP Tamansiswa Kecamatan Ujung Padang dan menyoroti tantangan yang perlu di atas i untuk memaksimalkan manfaat teknologi dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Allison, Michael dan Kaye Jude. 2004. Perencanaan Strategi Bagi Organisasi Nirlaba Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Muhammad, Arni. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Cangara, Hafied. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta Utara: Rajagrafindo Persada.
Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
A, Sadikin, & A, Hamidah. 2020. Pembelajaran daring di tengah wabah covid19. (Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.
A, R, Putri, & M, A, Muzakki. 2019. Implementasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Gamebased Learning dalam Menghadapi 66 Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus.
Dewi, R. 2022. “Media digital memberdayakan kemampuan berpikir kritis Abad 21 pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar” Jurnal basic edu.
Asia, R.. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Digital Video Disc (DVD) Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Di MI Al‘Adli Palembang,”
Fitria, N, dkk. 2021. “Kemampuan Keaksaraan Melalui Media Digital Bermain Keaksaraan” Pada Anak Usia Dini” Vol 5. No. 1.
Sanjaya Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. cet. ke-1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Diterbitkan
2024-04-04
Bentuk Sitasi
Sitorus, Nuraisyah, Nur Azizah, Ridho Azizi Siregar, Rubino Rubino, and Mesiono Mesiono. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (April 4, 2024): 290-302. Accessed May 28, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2239.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)