Pengertian, Tujuan, dan Objek Kajian Sains

  • Nurul Liza Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Salminawati Salminawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Raisa Nur Salum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Ira Wahyuni Br Tarigan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
Kata kunci: Pengertian Sains, Ruang Lingkup Sains, Objek Kajian Sains

Abstrak

Manusia pada hakikatnya akan selalu mengikuti perkembangan zaman dan akan selalu berusaha untuk mengikutinya. Maka, manusia perlu meningkatkan kemampuannya dalam Pendidikan ilmu pengetahuan, termasuk menigkatkan kemampuan berpikir. Salah satu pemicu berkembangnya zaman adalah munculnya pengetahuan-pengetahuan baru yang rasional dan telah diuji kebenarannya. Pengetahuan dasarnya bermula dari sains. Oleh karena itu, penelitian ini akan menjelaskan mengenai pengertian, ruang lingkup, dan objek kajian dari sains. Metode yang digunakan adalah penelitian bahan pustaka atau library research, di mana buku, majalah, dan bahan bacaan yang lainnya menjadi sumber utama pada penelitian ini. Sains adalah cabang ilmu pengetahuan yang memiliki sifat yang kongkrit, rasional, teruji, dan dapat dirasakan oleh indra manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Abdullah, A. (2022). Integrasi Agama dan Sains dalam Perspektif Pendidikan islam. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(1), 120–134.
Adawiyah, W. N., Mulyana, E. H., & Elan, E. (2020). Pengembangan Dasar Kebutuhan Rencana Kegiatan Pembelajaran Berorientasi Sains Pada Sub Tema Air Untuk Mengoptimalkan Keterampilan Mengamati Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 185–196. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27208
Ahmadi, S., & Alinafiah, M. (2023). Filsafat dan Sains Islam. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 454–467. https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.178
Dewi, N. M. W. P., Jampel, I. N., & Tirtayani, L. A. (2016). METODE EKSPERIMEN PADA KELOMPOK A TK SANDHY PUTRA SINGARAJA Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Abstrak e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha. 4(2).
Fitriyati, I., et al. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Penalaran Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1), 27–34.
Fittria, M. (2022). Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Melalui Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar Internalization of Islamic Educational Values Through Science Learning in Elementary Schools. Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 540–553.
Guessoum, N. (2020). Memahami Sains Modern: Bimbingan untuk Kaum Muda Muslim (Cetakan Pe). PT Qaf Media Kreativa.
Hayat, M. S. (2018). Hakikat Sains dan Inkuiri. 2008, 1–21. https://doi.org/10.31227/osf.io/3zy85
Kamil, S. (2022). Islam dan Sains Modern. Kencana.
Khadijah. (2017). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini (Cetakan Ke). Perdana Publishing.
Lailiyah, S. (2018). Pentingnya Membangun Pendidikan Sains Yang Relevan Dengan Ajaran Islam. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 4(2), 178. https://doi.org/10.32699/spektra.v4i2.59
Maisarah. (2018). Matematika dan Sains Anak Usia Dini. Akasha Sakti.
Masykur, & Solekhah, S. (2021). Tafsir Qur’an Surah Al-Alaq ayat 1-5 (Perspektif Ilmu Pendidikan). 2(2), 72–87.
Penerjemah, Y., & Al-Qur’an. (2018). Mushaf Al-Hadi. Maktabah Al-Fatih.
Safira, A. ., & Ifadah, A. . (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini - Ajeng Rizki Safira, M.Pd, Ayunda Sayyidatul Ifadah, M.Pd - Google Books. In Caremedia Communication.
Siregar, V. Y., & Salminawati. (2022). Sains dalam Perspektif Filsafat. Journal Of Social Research, 1(7), 609–616. https://doi.org/10.55324/josr.v1i7.124
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Yafie, E., & Sumata, I. W. (2019). Pengembangan Kognitif (Sains Sains pada Anak Usia Dini). UM.
Yayasan penerjemah Al-Qur’an. (n.d.). Mushaf Al-Hadi.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Kencana.
Diterbitkan
2024-04-04
Bentuk Sitasi
Nasution, Nurul, Salminawati Salminawati, Raisa Salum, and Ira Br Tarigan. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 1 (April 4, 2024): 333-344. Accessed May 29, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2241.
Section
Articles