Implementasi Progam Bina Pribadi Islam (BPI) dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa Kelas VIII A di SMPIT Az Zahra Sragen

  • Widodo Widodo Pendidikan Agama Islam, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Edy Muslimin Pendidikan Agama Islam, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
Kata kunci: Implementasi, BPI, Akhlakul Karimah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui bagaiamana implementasi program Bina Pribadi Islam dalam pembentukan akhlakul karimah siswa di SMPIT Az Zahra Sragen, 2) Untuk mengetahui bentuk-bentuk akhlakul karimah yang dilakukan oleh siswa SMPIT Az Zahra Sragen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan sumber informan dari kepala sekolah, waka kurikulum, dan Koordinator BPI. Teknis pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah, (1) Semangat belajar siswa SMPIT Az Zahra Sragen berperilaku sangat baik sesuai dengan indikator. Namun masih ada beberapa siswa yang berbicara dengan lantang dan terkesan kasar. Namun sebagian besar siswa sudah berbicara dengan bahasa yang sopan dan santun. (2) Implementasi Pengembangan Kepribadian Islami di SMPIT Az Zahra Sragen, siswa mendapat bimbingan dari gurunya atau Murobbi melalui pembinaan melalui keteladanan, pembinaan melalui kebiasaan, dan pembinaan melalui nasehat. (3) Hasil Bina Pribadi Islami (BPI) dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa di SMPIT Az Zahra Sragen sangat signifikan karena siswa mampu mengimplementasikan apa yang diajarkan oleh gurunya dan gurunya dengan baik. Guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Agustina, N. (2018 ). Perkembangan Peserta Didik. Yoyakarta: Deepublish.
Aisah, S. (2019). Peranan Mentor Bina Pribadi Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VIII SMP IT Bina Insani Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Institut Agama Islam Negeri Iain Metro
Aminah. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Sunnah Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Bina Pribadi Islami Pada Peserta Didik Di Sd Islam Terpadu Fitrah Insani Langkapura. Lampung: Islam Negeri Raden Intan Lampung
Binaria, Y. (2017). Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Daryanto. (2010). Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo Lestari.
Edidarmo, T. &. (2016). Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlak. Semarang: PT Karya Toha Putra.
Fathurrohman, M. F. (2016). Pengaruh Aktivitas Siswa Dalam Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji Terhadap Prestasi Belajar Mereka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Darussalam.
Habibah, S. (2015). Akhlak Dan Etika Dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 73–87.
Halimah. (2017). Pelaksanaan Pembinaan Akhlak Siswa Di SDIT Nurul Iman Palembang. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Helaluddin, &. W. (2019). Analisis data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktik. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Irawan, M. W. (2018). Konsep Pendidik Dan Peserta Didik Menurut Abuddin Nata. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Irham. (2018). Pembinaan Akhlak Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Muhammadiyah 5 Kecamatan Mari
Juraini, F. H. (2018). Pembinaan Akhlak Terhadap Siswa Dalam Proses Pembelajaran Di SD Negeri Unggul Lampenerurut Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 35–44.
Maulana, I. R. (2015). Konsep Peserta Didik Menurut Al- Ghazali Dan Implikasinya Terhadap Praktek Pendidika Di Pondok Pesantren Al-Mutawwally Desa Bojong Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan. Jurnal Al Tarbwai Al Haditsah, 1(1), 1–23.
Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 4(2), 123–136.
Nasution, H. A. (2019). Patologi Sosial dan Pendidikan Islam Keluarga. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Pertiwi, W. H. (2015). Pemahaman Mahasiswa Atas Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Refleksi Artikel Hasil Penelitian. Lingua, 10(1), 19–23.
Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rahman, M. H. (2017). Implementasi Manajemen Peserta Didik Di MA Ma‟arif 04 Kalirejo Lampung Tengah. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Saehudin, I. A. (2016). Tafsir Pendidikan Konsep Pendidikan Berbasis Al-Quran. Bandung: Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT).
Shawmi, A. N. (2016). A N. (2016). Analisis Pembelajaran Sains Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 121–144.
Suryadarma, Y. &. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali Universitas Darussalam Gontor. Jurnal At-Ta‟dib, 10(2), 362–381.
Sylviyanah, S. (2012). Pembinaan Akhlak Mulia Pada Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur AlRahman). Jurnal Tarbawi, 1, 191–203
Diterbitkan
2024-09-30
Bentuk Sitasi
Widodo, Widodo, and Edy Muslimin. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 3 (September 30, 2024): 97-111. Accessed November 10, 2024. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2550.
Section
Articles