Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi terhadap Pemahaman Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Fikih di MTsN 2 Labuhanbatu Utara

Authors

  • Novita Masda Yanti Pasaribu Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu
  • Betti Megawati Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu
  • Ruwaidah Ruwaidah Universitas Al-Washliyah Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v11i4.2824

Keywords:

Method, Learning, technology, Understanding, Student

Abstract

This research aims to determine the effect of technology-based learning methods on the understanding of grade VII students of the subject of fiqh at MTSN 2 North Labuhanbatu. The population in this study were students of MTSN 2 North Labuhanbatu class VII totaling 252 students from 7 classes, namely (VII-1, VII-2, VII-3, VII-4, VII-5, VII-6, VII-7). The technique used in this sampling is by using a random technique, where the author took a sample of 10% of the total number of students in class VII. So the sample in this study was 25 students. The results showed that the correlation value of rxy = (5.413) and the value of Df = 25-2 = 23 obtained rtable at a significant level of 5% of (1.71387) and multiple regression test (R Square) of 0.748 meaning that there is an influence of technology learning methods on the understanding of grade VII students by 74,8%, and the remaining 25,2% is influenced by other variables. Thus, rxy is greater than rtable so it can be concluded that there is an influence of technology-based learning methods on the understanding of class VII students in the subject of fiqh at MTSN 2 Labuhanbatu Utara.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran berbasis teknlogi terhadap pemahaman siswa kelas VII mata pelajaran fikih di MTSN 2 Labuhanbatu Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MTSN 2 Labuhanbatu Utara kelas VII yang berjumlah 252 siswa dari 7 kelas yaitu (VII-1, VII-2, VII-3, VII-4, VII-5, VII-6, VII-7). Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah dengan menggunakan teknik acak, dimana penulis mengambil sampel 10 % dari jumlah siswa seluruh kelas VII. Maka sampel pada penelitian ini 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai korelasi rxy = (5,413) dan nilai Df = 25-2= 23 diperoleh rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar (1,71387) dan uji regresi berganda (R Square) sebesar 0,748 artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran teknologi terhadap pemahaman siswa kelas VII sebesar 74,8%, dan 25,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dengan demikian rxy lebih besar dari rtabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran berbasis teknologi terhadap pemahaman siswa kelas VII mata pelajaran fikih di MTSN 2 Labuhanbatu Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdar Djamaluddin and Wardana, Belajar Dan Pembelajaran, (CV Kaaffah Learning Center, 2019), h.13.
Agustian, N. dan Salsabila, U. H. 2021. “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran”. Islamika, Volume 03, Nomor 1.
Alimuddin, A, dkk (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Journal on Educatio, 05(04), 36–38. http://jonedu.org/index.php/joe
Alfauzan Amin, Metode & Model Pendidikan Agama Islam, IAIN Bengkulu (Bengkulu, 2015), h.4.
Amir Syarifudin. Ushul Fiqh, Cet.1, (Ciputat: Wahana Ilmu, 2007), h. 2.
Anas Sudijono. ( 2011).Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. h. 50
Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Rajawali Pers, 2011), 50. 7 Rahma Sawitri, Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Puasa Ramadhan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick (Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya 2018), 2.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian. Program Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baihaqi, A., & Dkk. (2020). Youtube sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 07(01), 74–88.
Bambang Warista, (2008) Tekonologi Pembelajaran Landasan Dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. h. 85
Daryanto, (2008). Pengetahuan Teknik Elektronika, Bumi Aksara, Jakarta. h. 106
Hadisi, La dan Wa Muna. (2015). “Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran ( E-Learning )”. Jurnal AlTa’dib 24 (8) 130-131
Hikmatullah, H. (2017). Selayang Pandang Sejarah Penyusunan Kompilasi Hukum Islam Di Indonesia. Ajudikasi: Jurnal Ilmu Hukum, 1(2).
Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Semarang: Media Group, 2009), h.7.
Ismail Darimi, “Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif,” n.d., 17.
Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1), 302–310.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
M. Andi Setiawan, Belajar Dan Pembelajaran (Sidoharjo: Uwais Inspirasu Indonesia, 2017).
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004), h. 75-76
Pradipta, G. M. (2020). Implementasi Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTsN 9 Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Rahmat, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013 (Yogyakarta: Bening Pustaka, 2019), h. 4
Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. IAIN Antasari Press, 1–3
Rusman, Kurniawan, and Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknoologi Informasi Dan Komunikasi, 203.
S.Margono. (2025). Metodologi Peneltian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Soedarto, T., Hendrarini, H., Alit, R., & Anggriawan, T. P. (2020). Inovasi Teknologi Pemasaran Digital Pada Cv. Supply Semesta Berbasis Android.
Sudaryono, Margono, G., Rahayu, W. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Graha Ilmu. Yogyakarta. h. 50
Sugiyono. (2012), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono (2019), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syafi’I Karim, Fiqih Ushul Fiqih,Cet. 1, (Bandung: C.V Pustaka Setia, 2007), h. 11.
UU Nomor. 20 Tahun 2013. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1).
V. Wiratna Sujarweni (2007), Belajar Mudah SPSS untuk Penelitian Mahasiswa dan Umum, Yogyakarta: Ardans Media.

Downloads

Published

30-12-2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Pemahaman Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Fikih Di MTsN 2 Labuhanbatu Utara”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 11, no. 4 (December 30, 2024): 758–777. Accessed December 21, 2025. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/2824.

Similar Articles

1-10 of 314

You may also start an advanced similarity search for this article.