Meningkatkan Proses Pembelajaran melalui Moving Class

Authors

  • Didik Supriyanto Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.69896/modeling.v1i1.29

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa adalah dengan mengubah kegiatan belajar yang monoton yaitu dengan mengadakan program pembelajaran Moving Class (perpindahan kelas) dari kelas satu ke kelas yang lain yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Kegiatan belajar yang monoton akan menimbulkan tragedi learning shut down bagi siswa, karenanya Moving Class merupakan alternative pemecahan masalah dalam proses pembelajaran. Perpindahan kelas di sini bukan hanya diartikan sebagai perpindahan antara ruang kelas saja, tetapi dapat juga meliputi kegiatan belajar yang dilakukan dihalaman sekolah, diskusi di Masjid, atau mencari literatur di perpustakaan. Dari pengamatan sementara, pelaksanaan Moving Class masih belum banyak diterapkan oleh sekolah tetapi ada juga sekolah yang sudah menerapkan sistem ini. Untuk itu penulis akan menjelaskan tentang moving class sehingga para guru, pembaca dan pemerhati dibidang pendidikan mempunyai gambaran tentang moving class dan bagaimana menerapkannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

18-03-2014

Issue

Section

Articles

How to Cite

“Meningkatkan Proses Pembelajaran Melalui Moving Class”. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 1, no. 1 (March 18, 2014): 1–14. Accessed October 31, 2025. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/29.