Sejarah Singkat Psikologi Pendidikan

  • Didik Supriyanto Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Sejarah Psikologi, Pendidikan

Abstrak

Menurut Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab 1 Pasal 1 (1) pendidikan adalah: “usaha dasar dan terencana untk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara”. Dalam hal ini, tentu saja diperlukan adanya pendidikan profesional; yakni guru di sekolah-sekolah dasar dan menengah, serta dosen di perguruan-perguruan tinggi sebagaimana yang tersirat dalam Bab XI Pasal 39 (2) UU Sisdiknas tersebut. Untuk melaksanakan profesinya, tenaga pendidik khususnya guru sangat memerlukan aneka ragam pengetahuan dan keterampilan keguruan yang memadai dalam arti sesuai dengan tuntunan zaman dan kemajuan sains dan teknologi. Di antara pengetahuan-pengetahuan psikologi terapan dengan pendekatan baru yang erat kaitannya dengan proses belajar dan mengajar dalam suasana zaman yang berbeda dan penuh tantangan seperti sekarang ini. Untuk memenuhi kebutuhan akan psikologi terapan dengan pendekatan baru itulah, makalah Psikologi Pendidikan ini disusun, dengan harapan dapat memberikan kontribusi yang berarti dan memantapkan kualitas kompetensi calon guru dan guru serta dosen profesional yang bertugas pada jenjang masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

Referensi

Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, No. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed February 8, 2018.
Syah, Muhibbin, (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Purwanto, Ngalim, (2010). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyono, Budi, http://www.pendidikanekonomi.com/2012/05/manfaat-mempelajari-psikologi.html. Pkul 19:48 WIB, tanggal 18 september 2014.
Diterbitkan
2017-09-13
Bentuk Sitasi
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 4, no. 2 (September 13, 2017): 229-238. Accessed March 1, 2021. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/229.
Section
Articles