Penerapan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Japanan Kemlagi Mojokerto

Kata kunci: Problem Solving, Soal Cerita Matematika

Abstrak

Artikel ini membahas tentang upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Kelas 4 melalui Model Problem Solving. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Kelas 4 penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1) Apakah model Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan memahami soal cerita matematika pada kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Manbaaul Ulum Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto?. 2) Bagaimana penerapan model Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan memahami sol cerita pada matematika pada kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto? 3) Bagaimana kemampuan memahami soal cerita pad matematika pada kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto setelah penerapan model Problem Solving?

Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yag dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum, madrasah tersebut dijadikan sebagai obyek penelitian dalam menerapkan model Prolem Solving datanya diperoleh dengan cara tes observasi dan kerja semua data dianalisis dengan pendekatan deskriptif.

Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan memahami soal cerita pada matematika, Penerapan model Problem Solving yaitu sebagai salah satu pendekatan yang menuntut guru untuk membantu siswa dalam belajar memecahkan masalah melalui pengalaman pembelajaran hands on yang artinya siswa berinteraksi langsung dengan masalah yang diberikan oleh guru. Model problem solving sangat cocok dengan soal cerita pada matematika, siswa diberikan suatu masalah dan siswa dapat menyelesaikannya dengan langkah-langkah model problem solving.

 

Referensi

Ali, M. Hamzah. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajran.Depok: PT.Rajagrafindo Persada.
Arifin, Muzayyin. 2010. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. t.th. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.
Baharudin. 2015. Teori Belajar&Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hamdani, 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Hikmah, Nurul. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat melalui Alat Peraga Mistar Bilangan pada Siswa Kelas IV SDN 005 Samarinda Ulu”.Jurnal Pendas Mahakam. hal. 81.
Ibda, Fatimah. 2015. ”Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget”.Intelektualita.hal. 32.
Kusumah, Wijaya, Dedi Dwitagama. 2012. Mengengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks
Mariati. 2012.“Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Pemahaman Konsep Mahasiswa”.hal. 159
Mawaddah, Siti. 2015. “Pembelajaran Geometri dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)”.Jurnal Pendidikan Matematika.hal. 33.
Melianingsih, Nuning, 2015.“Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Problem Solving Pada Pembelajaran Bagun Ruang Sisi Datar Di SMP”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.hal. 214
Mukhlisah. 2015. “Pengembangan Kognitif Jean Piaget dan Peningkatan Belajar Anak Diskalkulia (Studi Kasus pada MI Pangeran Dipenogoro Surabaya)”.Jurnal Kependidikan Islam.hal. 119.
Muslich, Masnur, 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah.Malang: Bumi aksara.
Nur, Widha Shanti. 2015. “Keeffektifan Pendekatan Problem Solving dan Problem Possing dengan Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika” Jurnal Riset Pendidikan Matematika. hal.125
Retna, Milda dkk. 2013. “Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika (The Student Thinking Process in Solving Math Story Problem)”.Jurnal Pendidikan Matematika. hal. 75.
Setyawati, Sri Mulyaningsih. 2013. “Pengaruh Model Problem Solving Berbsis Budaya Lokal terhadap Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar IPS”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.hal.159
Sukardi, 2013. Model Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed February 22, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed January 24, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67.
Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Uzer, Usman dan Lilis Setiawati. 1993.Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya.
Wahyuddin. 2016. “Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal”.Jurnal Pendidikan.hal. 151.
Diterbitkan
2018-03-05
Bentuk Sitasi
Mujib, F., & Supriyanto, D. (2018, March 5). Penerapan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Japanan Kemlagi Mojokerto. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(2), 76-95. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/178
Section
Artikel