Korelasi Penggunaan Media Komputer dengan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun di TK PKK 3 Pateguhan Gondangwetan Pasuruan

  • Lilik Durrotul Muflikha Prodi PIAUD Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
  • Miftahillah Miftahillah Prodi PIAUD Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Media Komputer, Kemampuan Membaca, Anak Usia Dini

Abstrak

Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca anak dalam permulaan sekolah atau pada saat awal masuk sekolah yang ada di TK PKK 3 Pateguhan Gondangwetan. Dan tujuan penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan melekukan terobosan baru yaitu dengan memperkenalkan media komputer kepada anak usia dini itu bisa membuat rasa ingin belajar anak untuk membaca itu semakin tinggi. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah dengan metode observasi dan metode pengumpulan data, karena dalam tahapan ini diperlukan pengamatan langsung agar mendapatkan informasi secara langsung dan mendapat data yang valid sesuai dengan kondisi objek penelitian, sehingga untuk mengumpulkan data dapat berjalan dengan baik dan lancar serta data yang diperoleh lebih objektif. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa usia 4-5 tahun di TK PKK 3 Pateguhan Gondangwetan Pasuruan yang berjumlah 18 siswa. Adapun instrumen penelitiannya yaitu dengan menentukan daerah penelitian di TK PKK 3 Pateguhan Gondangwetan, dan yang menjadi respondennya adalah siswa usia 4-5 tahun. Sedangkan untuk pengumpulan datanya melalui beberapa tahapan yaitu dengan metode observasi, interview, dokumenter, dan angket. Berdasarkan analisis data yang telah peneliti lakukan maka dapatlah diambil kesimpulan bahwa ada hubungan penggunaan media komputer terhadap kemampuan membaca anak di TK PKK 3 Pateguhan Gondangwetan Pasuruan dengan hasil dari r hitung = 0.814 > r tabel = 0.468.

Referensi

Candra, R., D., 2012, Belajar Huruf dan Bilangan, Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Chen, M., 1996, Mendampingi Anak Menonton Televisi, Jakarta: PT. Gramedia.Pustaka Utama.
Direktorat pendidikan dasar dan menengah. 2010. Kurikulum TK/RA Standar
kompetensi departemen pendidikan nasional. Jakarta: Depdikbud.
Diane Trister Dodge, Laura J Colker, 2001. The Creative Curriculum for early chilhood. Woshington DC.Teaching Strategis.inc
Everina, g., (n.d.), Pengenalan Komputer Pada Anak Usia Dini, Reviewer 05 2011, From: Pengenalan Komputer Pada Anak Usia Dini, html: www.ghinaeverina.blogspot.com
Feidman, W., 2003, Learning and Anonion Disorders, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Indonesia, K., B., (n.d.), Wiki Retriewed from Teknologi, http://id.wikipedia.org
Infodiknas, (n.d.), Teknologi Komputer dan Pendidikan Anak Usia Dini, Retriewed 31 Mei 2014, Teknologi Komputer dan Pendidikan Anak Usia Dini, html:www.infodiknas.com
Leonhardi, M., 1997, 99 Ways to Get Kids to Love Reading and 100 Breaks They’ll Love, New York: Three Rivers Press.
Miftahillah, 2017, Relasi Pendidikan Orang Tua Dengan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Kabupaten Pasuruan, Uinsa Surabaya: Procedings ANCOMS 2017.
Muhyidin, M., 2007, Memahami Dunia Bayi (Mendidik dan Mencerdaskan Anak dengan Bahasa Indonesia), Jogjakarta: Olympus.
Rochanah, Luluk, 2015, Urgensi Media Berbasis Komputer Pada Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini,
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed January 24, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67.
Banyuwangi: Prosiding Seminar Nasional & Temu Ilmiah Jaringan Peneliti IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi.
Diterbitkan
2018-03-05
Bentuk Sitasi
Muflikha, L., & Miftahillah, M. (2018, March 5). Korelasi Penggunaan Media Komputer dengan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun di TK PKK 3 Pateguhan Gondangwetan Pasuruan. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(2), 147-154. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/184
Section
Artikel