Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NU 102 Raden Rahmat Asemkandang Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan

  • Erik Susilowati Prodi PIAUD Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
  • Sun Haji STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Permainan Puzzle, Perkembangan Kognitif

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan observasi dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti selama mengajar bahwa belum optimalnya penggunaan permainan edukasi (puzzle) di RA Muslimat NU 102 Raden Rahmat Asemkandang, mereka belum mampu memecahkan masalah sederhana, sehingga membuat anak menjadi lebih cepat bosan dan cenderung biasa-biasa saja dan kurang tertarik dengan materi pembelajaran yang di berikan oleh pendidik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di RA Muslimat NU 102 Raden Rahmat Asemkandang Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang di lakukan menggunakan desain penelitian pre-eksperimental design dengan jenis one group pretest post-test design. Subjek penelitian ini adalah kelompok A usia 4-5 tahun di RA Muslimat NU 102 Raden Rahmat Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 18 anak.

Teknik pengumpulan data di peroleh melalui observasi dan instrument penelitian Teknik Analisis Data menggunakan metode statistic non parametric dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon signed Rank Test dalam program SPSS.

Hasil penelitian Skor yang diambil dari sebelum dan sesudah diterapkan permainan puzzle perkembangan kognitif anak dari ke-18 siswa yang telah dilakukan penerapan permainan puzzle rata-rata skor atau nilai meningkat 0.95 Test Statistics di atas Asymp. Sig (2-tailed) adalah 0, Karena nilai Asymp. Sig (2-tailed) lebih kecil dari 0.005 maka ada pengaruh yang signifikan perkembangan kognitif anak sebelum dan sesudah penerapan permainan puzzle.

Referensi

Jamaris, Gagne, 1976, Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan, Jakarta.
Sudono, Anggani, 2000, Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Anak Usia Dini
Levine 1 mei 2004, A Mind At A Time, Jakarta, Gramedia Pustaka.
Aisyah, Siti, dkk 2007, perkembangan dan konsep dasar anak usia dini, Jakarta: Universitas Terbuka. Departemene pendidikan nasional, 2007. Pedoman pembelajaran bidang pengembangan kognitif ditaman kanak kanak, Jakarta; direktorat pembinaan taman kanak kanak dan sekolah dasar.
Zaman, Badru, dkk, 2008. Media sumber belajar TK. Jakarta; universitas terbuka.
Gunarti, wirda, lilis suryani dan azizah mulz,2008. Metode perkembangan anak usia dini. Jakarta: Universitas terbuka.
Simki pedogogis vol.01 no.01 tahun 2007 ISSN: AAAA-AAAA. Universitas nusantara kediri.
---------2011./ http:// yarugilang.blog.com/2011/04/16 dasar-dasar dan ruang-lingkup-pendidikan-anak-usia-dini-paud.
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed January 24, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67.
Yayuk fuji rahayu 2017, Email: yayukfujirahayu@gmail.com. Pgpaud fip unesa
Diterbitkan
2018-03-05
Bentuk Sitasi
Susilowati, E., & Haji, S. (2018, March 5). Pengaruh Permainan Puzzle terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NU 102 Raden Rahmat Asemkandang Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(2), 201-208. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/189
Section
Artikel