Penggunaan Alat Permainan Edukatif “Puzzle Jam” terhadap Kemampuan Kognitif “Mengenal Lambang Bilangan”

  • Putri Ismawati Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Perkembangan Kognitif, Mengenal Lambang Bilangan, Alat Permainan Edukatif, Puzzle Jam

Abstrak

Studi ini mengangkat bagaimana penerapan  penggunaan alat permainan edukatif “puzzle jam†terhadap kemampuan kognitif “mengenal lambang bilangan†untuk anak usia dini khususnya usia 4-6 tahun. Kesenjangan antara kondisi ideal yang diharapkan dengan praktek nyata di lapangan ini di mana banyak pendidik TK dan RA jarang menggunakan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran khususnya untuk anak usia dini dalam pembelajaran mengenalkan lambang bilangan. Hal tersebut menjadi latar belakang penelitian untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media alat permainan edukatif “PUZZLE JAM†untuk mengenalkan lambang bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Hasil dan simpulan pembahasan menyebutkan untuk mengajarkan kemampuan mengenal bilangan pada anak dapat diberikan dengan memberikan alat permainan edukatif puzzle jam. Permainan ini termasuk ke dalam permainan manipulatif. Dan dapat membantu anak dalam mengenalkan lambang bilangan pada kemampuan matematika tersebut.

Referensi

Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Faila, Mila. 2011. Artikel. Pengenalan matematika anak usia dini. http://failashofagmail.wordpress.com/2011/06/01/pengenalan-matematika-anak-usia-dini/#comment-8.
Gunarti, Winda, dkk. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mendiknas. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Mendiknas.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syukron, Muh. 2011. Upaya Penggunaan Media Games Puzzle untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. http://syukronsahara.blogspot.com/2011/05/penggunaan-media-games-puzzle.html.
Diterbitkan
2018-02-26
Bentuk Sitasi
Ismawati, P. (2018, February 26). Penggunaan Alat Permainan Edukatif “Puzzle Jam” terhadap Kemampuan Kognitif “Mengenal Lambang Bilangan”. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(1), 200-207. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/269
Section
Artikel