Pengaruh Media Kokami (Kotak dan Kartu Misterius) terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B RA Raudlatul Ulum Tebas Gondangwetan Pasuruan

  • Muhaiminah Muhaiminah Prodi PIAUD STITNU Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Media KOKAMI, Perkembangan Bahasa

Abstrak

Penelitian ini merupakan upaya penulis untuk mengetahui pengaruh penggunaan media KOKAMI dalam peningkatan kemampuan bahasa Indonesia pada siswa kelompok B RA Raudlatul Ulum Tebas Kec Gondangwetan Kab. Pasuruan tahun pelajaran 2017/2018 serta mengetahui perkembangan bahasa  pada siswa kelompok B RA Raudlatul Ulum Tebas Kec Gondangwetan Kab. Pasuruan tahun pelajaran 2017/2018.

Subjek penelitiannya adalah siswa kelompok B yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 10 orang dan siswa perempuan berjumlah 13 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Data diambil dengan menggunakan metode tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menggunakan rumus t-tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui, dengan penggunaan media KOKAMI pada pokok bahasan mengenal bunyi-bunyi bahasa, baik vokal maupun konsonan, dan melafalkannya dengan nyaring sebagi suku kata, kata, dan menyalin atau mencontoh huruf, kata, atau kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar. Awal penelitian kemampuan bahasa memiliki persentase 55% dan siklus ke I memiliki persentase 70% dan siklus kedua 87 %.

Hasil yang diperoleh adalah Penggunaan Media KOKAMI dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Indonesia pada siswa kelas B RA Raudlatul Ulum Tebas Gondangwetan Pasuruan, K tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai pre test dan pos test yang tadinya rendah menjadi meningkat setelah diadakannya pembelajaran dengan menggunakan media KOKAMI.

Referensi

Arikunto, S. 2012. Penelitian Tindak Kelas. Bumi Aksara : Jakarta.
Agus F. Tanyong dll, 2009. “Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta”. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia
Depdiknas, 2000. Permainan Berhitung di Taman Kanak-Kanak. Depdiknas :
Jakarta.
Dhieni Nurbiana, dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Elangga
E. Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Isklandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Gaung Persada : Jakarta
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed January 24, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67.
Zaman Badru. 2007. Media dan Sumber Belajar TK. Universitas Terbuka: Jakarta
Diterbitkan
2018-02-28
Bentuk Sitasi
Muhaiminah, M. (2018, February 28). Pengaruh Media Kokami (Kotak dan Kartu Misterius) terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B RA Raudlatul Ulum Tebas Gondangwetan Pasuruan. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(2), 321-331. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/284
Section
Artikel