Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Sentra Kreativitas dan Seni melalui Permainan Plastisin Warna di RA/TK Kelompok B Abu Sofyan Tsaury Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan

  • Sukimah Sukimah Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Al Hikmah Mojokerto
Kata kunci: Plastisin tanah liat, kemampuan kreativitas, motorik halus

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berjudul “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Pada Siswa Kelompok B Semester Genap TKMasyitoh 02 Kawunganten Cilacap Tahun Pelajaran 2011/2012” bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok B TK Masyitoh 02 Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap.

Subyek penelitian  adalah anak kelompok B TK Masyitoh 02 Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap, yang berjumlah 23 anak. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan masingmasing tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.

Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi, hasil karya. Metode analisis data yang digunakananalisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat, peneliti di sini bertindak sebagai guru dan teman sejawat bertindak sebagai observer/pengamat.

Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa bermain plastisin dari tanah liat dapat meningkatkan kreativitas pada siswa TK Masyitoh 02 kelompok B pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten Kabupaten Cilacap. Hal ini dapat dilihat pada kenaikan frekuensi dan persentase yang terjadi pada kondisi awal dari 23 siswa yang kreatif hanya 3 anak (13%), pada siklus I meningkat jadi 14 siswa (61%) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 21 siswa (90%). Tindak lanjut untuk kedua anak yang belum berhasil, peneliti lebih optimal dalam membimbing, peneliti mengadakan home visit ke rumah siswa, peneliti menyarankan kepada orang tua siswa untuk lebih memperhatikan anak dengan kasih sayang.

Referensi

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam berbagai aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Badru,Z., AsepH., Cucu E. 2008.Media dan sumber belajar TK. Jakarta: Universitas terbuka
Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat pembinaan TK dan SD. 2010.Kurikulum Taman kanak-kanak pedoman pengembangan silabus. Jakarta: Depdikbud
Nusa Putra dan Ninin.2012. Penelitian Kualitatif PAUD. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suyadi dan Maulidya Ulfa. 2013. Konsep Dasar Paud. Bandung : Remaja rosdakarya
Suyanto, Slamet. 2005, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Depdiknas
Supriyanto, Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 2, no. 2 (September 3, 2015): 66-75. Accessed January 24, 2018. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/67.
Diterbitkan
2018-03-21
Bentuk Sitasi
Sukimah, S. (2018, March 21). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Sentra Kreativitas dan Seni melalui Permainan Plastisin Warna di RA/TK Kelompok B Abu Sofyan Tsaury Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(2), 400-415. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/292
Section
Artikel