Pengembangan Program Pembelajaran Individual (PPI) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Jember

  • Luh Putu Indah Budyawati Universitas Jember
Kata kunci: Program Pembelajaran Individual, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusif

Abstrak

Program Pembelajaran Individual (PPI) dipersiapkan untuk anak yang tidak dapat mengikuti kuriukulum umum dan modifikasi. Indikator pencapaian hasil belajar program pembelajaran Individual dirumuskan berdasarkan hasil assesmen yang dilakukan oleh guru dan tim ahli terkait. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan program pembelajaran Individual yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan (research and development) model Plomp yang terdiri dari fase yakni penelitian awal, tahap pengembangan dan tahap penilaian. Hasil penelitian yang diperoleh (1) pengembangan program pembelajaran Individual (PPI) bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif jember pada penelitian ini dikategorikan valid berdasarkan penilaian dari validator, (2) pengembangan instrumen asesmen kesiapan belajar program pembelajaran Individual (PPI) bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif jember pada penelitian ini dikategorikan praktis berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan saran dari praktisi, dan (3) penelitian ini dikategorikan efektif berdasarkan hasil observasi kemampuan, hasil observasi aktivitas dan hasil respon anak.

Referensi

Dukes, Chris & Maggie Smith. (2009). Cara Menangani Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus. Jakarta: Indeks
Garnida, Dadang. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: Refika Aditama
Isjoni. (2010). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta
Jaya, Indra, dkk. (2018). Prosedur Operasi Standar Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Program Pembelajaran Individual. Jakarta: Dirjen PAUD dan PNF.
Santrock, John W. (2009). Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Diana Angelica. Jakarta: Salemba Humanika
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Tarmansyah. (2007). Inklusi, Pendidikan Untuk Semua. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Diktek
Plomp, Tjeerd & Nienke Nieveen. (2013). Educational Design Research – Part A: An Introduction. Netherlands: Enschede
Diterbitkan
2020-07-25
Bentuk Sitasi
Indah Budyawati, L. (2020, July 25). Pengembangan Program Pembelajaran Individual (PPI) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif Jember. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 89-101. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/seling.v6i2.625
Section
Articles